Sabtu, 23 Agustus 2019
Just another WordPress site
SMAN 10 MALANG : SCHOOL FOR ACHIEVERS

Banyak sekolah hebat di Indonesia dan salah satunya yang sangat menonjol menurut saya adalah SMAN 10 Malang. Sekolah ini adalah SCHOOL FOR ACHIEVERS, sekolahnya anak-anak yang ingin menunjukkan prestasi masing-masing dengan berlomba-lomba melakukan berbagai program dan kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Visi sekolah ini adalah “To Become a Successful School for Creating Future Leaders”. Jadi jiwa kepemimpinan memang benar-benar ditekankan pada sekolah ini. Mottonya “Learn Today, Lead Tomorrow”

Apa hebatnya SMAN 10 Malang yang terletak di Jalan Danau Grati, Sawo Jajar ini?

Sekolah ini termasuk ‘one of a kind’ alias istimewa karena sekolah ini adalah sekolah yang dirancang menuju pendidikan setingkat SMA yang bertaraf internasional melalui program kerjasama antara Pemerintah Propinsi Jawa Timur dengan Sampoerna Academy. Sekolah ini dikhususkan bagi para siswa yang mempunyai prestasi akademis yang sangat bagus dan mempunyai potensi yang menjanjikan tetapi berasal dari keluarga pra-sejahtera di seluruh Jawa Timur. Jadi ini memang sekolah bertaraf internasional khusus bagi anak-anak dari keluarga ekonomi bawah. Jadi berbeda dengan sekolah RSBI sekolah ini BENAR-BENAR DIRANCANG untuk bertaraf internasional dan bukan sekedar label.

Sampoerna Academy adalah sebuah program kemitraan beasiswa yang dilaksanakan oleh Putera Sampoerna Foundation dengan penerapan sebuah sistem yang menyeluruh dari pendidikan berasrama yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keterampilan kepemimpinan, moralitas, empati, toleransi, dan kesadaran sosial yang diperlukan untuk memfasilitasi pembentukan para pemimpin muda masa depan. Jadi siswa-siswa terbaik dari berbagai kota dan kabupaten yang bersekolah di SMAN 10 Malang tersebut akan tinggal di asrama yang disediakan oleh Sampoerna Academy yang disponsori oleh Putera Sampoerna Foundation. Jadi selain mendapat pendanaan dari negara sekolah ini juga mendapatkan pendanaan dan bantuan manajemen dari Putera Sampoerna Foundation. Hanya segelintir sekolah publik yang mendapat rejeki nomplok seperti ini.

Sekolah ini menerapkan rasio perbandingan jumlah guru dan siswa yang lebih rendah dibandingkan sekolah-sekolah lainnya, Sampoerna Academy didukung oleh para guru yang berkualitas terbaik disertai dengan pembelajaran Bahasa Inggris untuk menjamin agar para lulusan dari Sampoerna Academy dapat memenuhi syarat untuk masuk ke berbagai perguruan tinggi terkemuka di negara berbahasa Inggris manapun. Untuk itu sekolah ini mengadopsi kurikulum internasional IGCSE dari Cambridge University dan Standar Pendidikan Nasional. Untuk dapat mengadopsi kurikulum tersebut sekolah ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk beberapa mata pelajaran, dan dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar yang lengkap. Itulah sebabnya maka tes bahasa Inggris menjadi penting bagi siswa yang akan masuk ke sekolah ini.

Baca juga:  PENGHUNI GELAP

Apakah guru-gurunya mampu mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar? Ya, tentu saja. Para guru yang diminta untuk mengajar dalam bahasa Inggris ini memang telah dipersiapkan khusus dan bahkan telah diseleksi dengan ketat. Mereka adalah guru-guru yang direkrut khusus oleh Sampoerna Academy untuk mengajarkan materi dalam bahasa Inggris. Jadi memang direkrut khusus dengan seleksi ketat untuk membantu SMAN 10 Malang dalam mencapai target tersebut.

Apa kelebihan lain dari sekolah ini? Program ini memberikan beasiswa penuh bagi 150 siswa untuk masa studi selama 3 tahun, dari tahun ajaran 2009/2010 hingga 2011/2012. Penerima beasiswa adalah siswa terbaik yang dipilih dari seluruh wilayah kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur. Jadi siswa di SMAN 10 Malang memang merupakan kumpulan siswa-siswa terbaik dari berbagai kota dan kabupaten di seluruh Jawa Timur.

Adapun beasiswanya sendiri yang bernilai total USD 15,000 per siswa untuk pendidikan selama 3 (tiga) tahun mencakup: Biaya pendidikan, Biaya tempat tinggal dan makan di asrama, Buku pelajaran, Asuransi kesehatan, dan seragam. Jadi siswa benar-benar bebas uang sekolah, akomodasi, makan, buku, asuransi, dan bahkan pakaian seragam! Tak ada program beasiswa pendidikan yang lebih ‘generous’ ketimbang ini. Fasilitas sekolah ini selain asrama adalah : Lingkungan sekolah yang nyaman, rindang dan asri, Ruang belajar yang dilengkapi dengan multimedia, Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Bahasa / Multilab, Pembelajaran di luar ruang (Outdoor Learning), Ruang Multimedia, Ruang Perpustakaan, Ruang Kesenian, Musholla, Ruang Unit Kesehatan Sekolah, Lapangan basket, voli, dan futsal, Kantin, Koperasi Siswa, dan fotokopi, Green House, Kumbung Jamur. Asramanya sendiri terdiri dari ruang tidur,ruang makan, jaringan internet.

Tahun ini Sampoerna Academy telah melepaskan SMAN 10 untuk mandiri sehingga saat ini SMAN 10 membuka kesempatan bagi siswa-siswa dari seluruh Indonesia untuk menikmati pendidikan terbaik ini. Jadi SMAN 10 juga bisa menerima siswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk masuk ke sekolah hebat ini dengan biaya sendiri. Jadi jika ada orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke sekolah ini sepanjang bisa memenuhi kriteria pembiayaan yang ditetapkan oleh sekolah insya Allah bisa diterima.

Baca juga:  DIALOG KEBIJAKAN RSBI

Apa sebenarnya kehebatan siswa sekolah hijau ini? Beberapa contoh di bawah ini bisa dilihat.

Tahun 2011 33 orang siswa mengikuti test Scholastic Aptitude Test (SAT) yang merupakan sebuah tes akademik untuk melanjutkan ke universitas di Amerika dan ternyata ada 18 siswa yang bisa meraih nilai diatas 1000 dan bisa melanjutkan ke AS.

Selain lulus UN 100% SMAN 10 Malang juga menorehkan keberhasilan ujian IGCSE yang memasuki peringkat 5 besar dunia.

Siswa SMAN 10 Malang tahun lalu mengikuti konferensi internasional baik di Jepang, Inggris, New Zealand, dan Amerika Serikat

Siswa SMAN 10 Malang terpilih untuk mengikuti pertukaran budaya ke Jepang dengan sponsor Bina Antar budaya dan Konferensi Internasional UNESCO APEID ke 16.

Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah se jatim

Best Writer Honda DBL 2011

Dua siswanya meraih emas di International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) ke-6, di Tbilisi, Georgia, di bidang engineering. Di ajang tersebut tim SMAN 10 tersebut membawakan hasil penelitiannya bertema “Photoelectrosystem”. http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/03/17415362/SMAN.10.Malang.Meneliti.Air.Seni.Berbuah.Prestasi

Ada puluhan prestasi yang telah diraih oleh siswa sekolah ini baik yang tingkat local, propinsi, nasional, mau pun internasional, baik yang bersifat akademik maupun yang non-akademik.

Yang paling membanggakan adalah kunjungan perwakilan dari Harvard University dalam rangka proses penerimaan mahasiswa baru di Harvard University. Ada sembilan kandidat yang mengikuti seleksi tersebut dan semuanya adalah perempuan. Selain itu Wakil Duta Besar Amerika Serikat pun telah berkunjung ke SMAN 10 Malang untuk menawari siswanya melanjutkan studi ke AS. Rupanya mereka heran ada 14 orang siswa SMAN 10 Malang yang bisa menembus perguruan tinggi di AS yaitu di University of Hawaii, Idaho State University, University of Kansas, University of Kentucky, Stony Brook New York, Texas Tech University, West Virginia University, dan University of Minnesota. “Kalian adalah siswa yang berbakat dan luar biasa.” Puji Ted Osius.

Baca juga:  REVOLUSI PENDIDIKAN DI PERU

Konsep sekolah berasrama yang dilakukan oleh SMAN 10 Malang Sampoerna Academy ini nampaknya memang efektif untuk menjaga kondusifitas lingkungan belajar bagi siswa. Dengan berkumpul sesama siswa yang sama-sama memiliki kemauan keras untuk berprestasi maka setiap siswa di sekolah ini menjadi terpacu untuk mengembangkan potensi terbaiknya masing-masing. Dengan demikian maka setiap siswa di SMAN 10 Malang adalah pemenang (every student is a winner).

Anda tertarik untuk menyekolahkan anak anda di sekolah ini?

Hubungi kepala sekolahnya : Ibu Dra Niken Asih Santjojo, M.Pd di email : niken_santjojo@yahoo.com

Atau kunjungi sekolahnya dan mintalah school touring untuk melihat semua fasilitas sekolah ini.

Rujukan :
-http://sman10malang.com/sampoerna-academy/
-http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/05/04/90181/Ubah-Urine-Jadi-Listrik-Siswa-SMAN-10-Malang-Menang-di-Georgia/3
-http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/the-english-teaching-by-a-native-speaker-at-sman-10-malang-riza-weganofa-40437.html
-http://malangraya.web.id/2012/05/07/dua-siswa-sman-10-malang-raih-medali-emas-iyipo-di-georgia/
-http://sman10malang.com/sampoerna-academy/dewan-riset-muda/

Salam
Satria Dharma
https://satriadharma.com/

14 tanggapan untuk “SMAN 10 MALANG : SCHOOL FOR ACHIEVERS”

  1. nurdin berkata:

    luar biasa SMAN 10 Malang, tapi tetap saja untuk bisa bermutu seperti itu butuh biaya amat besar, untuk membangun asrama, biaya makan, dan lain-lain yang butuh dana segar dan besar. kalau dengan biaya sebesar biaya di RSBI apakah mungkin bisa dilakukan seperti yang sman 10 malang lakukan???

  2. hamba allah berkata:

    kbar pengumuman hsil sleksi tuk beasiswa itu kpan kluarnya..??tolong jangan menggantungkan siswa siswi..kasian mreka…

  3. hamba allah berkata:

    hsil pengumuman beasiswa sampoerna nya tu sbnarnya kpan..??kasian anak anak yg gelisah mnunggu hasil..tolong kpastiannya..

  4. Maulana berkata:

    Segera ikuti Lomba Matematika Nasional ke-23 yang diselenggarakan oleh Himatika UGM Yogyakarta pada tanggal 11 November 2012. Berhadiah total Rp 39,5 juta. Untuk info dan pendaftaran lebih lanjut dapat di akses di http://lmnas.fmipa.ugm.ac.id

    Besar harapan Kami agar murid-murid SMA 5 Malang dapat mengikuti lomba ini.

    Selain itu Kami beritahukan bahwa salah satu tempat penyisihan untuk regional Malang berada di UM Malang, JL. Semarang No. 5, Malang

  5. Susan Loker berkata:

    Sekolah seperti ini yang dibutuhkan Indonesia.
    Apalagi nggak tanggung-tanggung, nyediain beasiswa ” beasiswa penuh bagi 150 siswa untuk masa studi selama 3 tahun”
    Mantap.

    tapi sekaligus bingung, “bernilai total USD 15,000 per siswa ”
    total atau per siswa nih?

  6. Mona berkata:

    Kapan pendaftaran TP.2013/2014 ?

  7. taufiq berkata:

    pendaftaran ajaran baru 2012/2013 kapan nggeeeeeehhh???

  8. taufiq berkata:

    apakah formulirnya di online kan?
    saya tunggu pak
    segera

  9. Satria berkata:

    Maaf saya tidak tahu kapan pendaftarannya,dll. Sebaiknya menghubungi sekolah langsung saja. Thanks.

  10. Tresya berkata:

    pak, kapan pendaftarannya?
    apakah secara online?

  11. wiwik berkata:

    maaf pak..
    .pendaftaran sman 10 malang tp.2013/2014 mohon segera di post
    thanks:)

  12. intan dewi berkata:

    mau tanya?
    pendaftaran di sma 10 itu kapan dibuka?
    segera ya pak informasinyaa

  13. YunitaSekar berkata:

    pak, tahun ini apa ada jalur beasiswa ? dan pendaftaran kapan dibuka ? trimakasih 🙂

  14. roy berkata:

    insyaallah, tahun ini gk ada program beasiswa, karena tahun lalu saja beasiswa yg didapat di berikan sama pemerintah kota.. sampoerna sudah melepas sman 10 malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *