Juni 28, 2022

0 thoughts on “PERBUDAKAN DALAM ISLAM

  1. mohon maaf sebelumnya, pandangan anda seperti pandangan orang Eropa di masa Columbus, mereka mengira mereka adalah orang pertama yang menemukan benua Amerika, padahal sudah ada orang lain yang sudah menempati Amerika lebih dulu dan lebih lama sebelum Columbus.

  2. Terkait dengan penganiayaan Tenaga Kerja Wanita bernama Sumiati dan sebelumnya juga banyak TKW kita yang dianiaya oleh orang Arab Saudi, kiranya perlu penelitian oleh para ahli agama Islam, terutama di Majelis Ulama Indonesia.
    Ada dua pertanyaan yang saya perlu jawaban dari alim ulama :
    1. Apakah perbudakan diperbolehkan Islam sampai saat ini, atau perbudakan sebenarnya ingin dihapus Allah secara bertahap sejak zaman Rasulullah SAW, tercermin dari ayat2 Al Quran yang dikutip Satriadharma.com.
    2. Apakah orang2 Arab Saudi pada umumnya menganggap TKW atau TKI yang bekerja di rumahtangganya sebagai budak yang mereka beli dari penyalur tenaga kerja Indonesia ?
    3. Apakah ada manipulasi isi perjanjian kerja (mungkin perjanjian hanya berbahasa Arab ?) dari semula perjanjian kerja menjadi penjualan tenaga kerja untuk jangka waktu tertentu sehingga orang Arab Saudi mengnganggap TKW sebagai budaknya?
    4. Pemerintah Republik Indonesia mesti mengkaji dengan cermat melalui para ahli di Departemen Agama, dibantu terutama oleh MUI, para alim ulama di Muhammadiyah dan NU, memastikan bahwa orang Arab Saudi tidak menafsirkan TKW sebagai budak belian.
    5. Hasil kajian itu menjadi dasar keputusan apakah masih akan mengirim TKW ke Arab Saudi atau negara2 Arab lainnya yang mirip Arab Saudi.
    6.Seharusnya negara Arab Saudi malu dengan perilaku warganegaranya yang sangat jelas mencerminkan sisa2 kelakuan jahiliyah, walaupun saya berharap perbuatan majikan kejam hanya perbuatan oknum Arab saja, bukan cermin kelakuan orang Arab Saudi apalagi mewakili stereotype umat Islam.
    7. Pemerintah RI harus memaksa negara Arab Saudi mau menandatangani MoU ketenagakerjaan terkait buruh migran Indonesia di Arab Saudi. Bila mereka tetap menolak segera hentikan pengiriman TKI, terutama TKW, untuk melindungi para buruh itu dari tindakan durjana oknum Arab yang kejam.

  3. “yuriiduuna liyuthfi’uu nuurallahi bi afwaahihim wallahu mutimmu nuurihi walau karihal kaafiruun”

    Setuju bgd sama akh Satria Dharma. Smg menjadi bentuk penyempurnaan cahaya Allah dizaman yg semakin kelam ini.

  4. Heran, kok adaaa aja orang seperti si Nur ya? orang membagi ilmu kok ditanggapi seperti itu. Gua yang bego atau …….?

  5. Mohon penjelasan :
    Apakah sebelum era penjajahan dunia arab oleh eropa, sudah adakah pemikir Islam yang berpandangan tentang PENGHAPUSAN PERBUDAKAN? Atau perbudakan tidak sesuai dengan Alqur’an?

  6. maria/mariam adalah seorang budak, yang di merdeka kan oleh Rosul Muhamad SAw,.dan kemudian dinikahi,..berputra bernama ibrahim, dam meninngal saat masih bayi,..

  7. Setuju bang satria…. perbudakan kalo kita liat kontek dalam qur’an akan habis dan hilang dengan sendirinya. karena banyak ayat yg menyuruh untuk memerdekakan budak dan bahkan seorang budak boleh meminta kemerdekaannya dengan tebusan. trus gimana bisa ada perbudakan lagi kalo Islam menyuruh kita untuk berbuat baik terhadap sesama manusia. (Bisanya seseorang bisa jadi budak karena di culik dan sebagainya ).
    kalo Maria jelas-jelas dia itu istri Rosul (kalo yg masih mengganggap budak berarti belum baca sejarahnya). bukankah jelas dia mendapat hak yg sama dng Istri nabi yg lain.kalo dia tidak sepopuler istri nabi yg lainnya yg dapat merawikan hadist, pikir aja secara dia itu orang asing gichu lho… ^-^.

  8. Saya terharu membaca penjelasan bang satria di atas. 🙁 Sangat mengena dan ilmiyah serta sesuai sunnah. Terima kasih ya Allah. Engkau telah memberiku kemantapan dalam Agama-Mu. Yang saya garis bawahi: “Ayat-ayat yang bermakna memperbolehkan perbudakan adalah sama dengan ayat yang bermakna memperboleh khamr. Ayat-ayat tersebut merupakan tangga menuju puncak proses diharamkannya perbudakan dan khamr. Karena Allah mengatur beberapa hukum secara bertahap.”

    Dan betapa revolusionernya metode Islam dalam hal ini, ketika Nabi sudah dilarang menikah lagi, Allah masih memberikan pengecualian untuk budak wanita. Budak wanita masih boleh dinikahi agar mereka terbebas dari perbudakan dan menjadi sederajat dengan wanita merdeka lainnya dan istri2nya.

    Asyhadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah

  9. Menurut Quran, budak wanita boleh disetubuhi tanpa harus dinikahi..Bagi yang mencoba memutar balikkan ayat Quran, agar supaya terlihat suci dan beradab, Anda sungguh tidak jujur..

  10. Anda benar. Budak wanita boleh disetubuhi tanpa harus dinikahi lebih dahulu. Itu adalah realitas sosial yang ada pada jaman itu. Dan itu berlaku umum pada SEMUA komunitas yang ada pada saat itu. Islam datang untuk memperbaiki situasi dengan menghapuskan perbudakan tanpa menimbulkan gejolak sosial.

  11. dengan mudahnya ada aturan HARAMnya zinah di Zaman Nabi, kenafa tak ada satupun ayat yang MENGHARAMKAN perbudakan? bukan ayat ygmentolelirnya

  12. Islam menetang keras perbudakan, memang ada ayat yg menyatakan tentang perbudakan, tp dilihat dari turunnya ayat, lokasi, kondisi. Iu sangat sempurna. Di sisi lain ayat” didalam alqur’an banyak sekali yg menyatakan pembebasan perbudakan. Jd islam merupakan agama yg menetang perbudakan…

  13. Dunia berhutang budi pada Islam ? Hahaha, bahkan sebelum Kristen muncul pun agama di tempat lain sudah mencapai pencerahan yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.