Jumat, 23 April 2021
Satria Dharma's Weblog
  • Chateu
  • Bareng Pak Anies Baswedan
  • Sabang
  • India
  • NUS, Singapore
  • Merapi, Jogja, Indonesia
  • Kamboja
  • Nusa Dua, Bali, Indonesia
  • Thailand
  • Turki
  • Singapura
  • Puncak, Jawa Barat, Indonesia
  • Korea Selatan
  • Wisuda si Bungsu
CINTA UNTUK PEREMPUAN YANG TIDAK SEMPURNA

Saya hendak mencuci mobil yang barusan saya pakai dari Madiun ke Surabaya. Sambil menunggu tentu lebih baik dengan membaca. Lalu saya sambarlah buku kiriman dari Najelaa Shihab ini. Semula saya pikir ini sebuah novel yang berbicara tentang cinta. Mungkin romantisme, pikir saya. Tapi ternyata saya salah….

Buku ini ternyata bercerita tentang upaya Najelaa Shihab yang seorang psikolog sekaligus seorang pendidik pemilik sekolah Cikal itu untuk menggambarkan kompleksitas keperempuanan dan segala perannya. Meski dirinya adalah seorang perempuan yang memiliki gelar Master dalam psikologi dari UI dan telah bergaul dengan begitu banyak wanita dengan berbagai profesi dan permasalahan tapi Mbak Ela ini tetap merasa sulit untuk mengerti dan memahami betapa kompleksnya permasalahan wanita. Buku ini ia tulis dalam upayanya membuat sesuatu hal yang sulit diraba menjadi lebih nyata, begitu katanya. Meski demikian ia mengaku bahwa buku ini tidak ditulisnya berdasarkan teori ahli psikologi tapi semata-mata berdasarkan hasil observasi dan refleksi pribadi. Ada banyak hal dan permasalahan yang disampaikan dalam buku ini umpamanya bagaimana wanita menghadapi kekerasan, baik secara fisik, verbal mau pun non-verbal, bahkan oleh sesama wanita (Najelaa lebih suka menggunakan kata ‘perempuan’ketimbang ‘wanita’). Wanita itu tidak pernah dianggap atau merasa sempurna dan selalu menghadapi berbagai bentuk perundungan, sekuat apa pun mereka berusaha untuk tidak menjadi korban.
Selanjutnya…

MBOK YAO TRAVELING GITU LHO…! 😎

Hidup itu cuma sekali sedangkan dunia itu begitu luas, begitu penuh dengan ragam kehidupan yang berbeda, begitu banyak kuliner yang perlu dicoba. Mosok kalian merasa cukup hidup dengan ngendon di rumah kalian meski senyaman apa pun rumah kalian? Mbok ya bertualanglah ke mana-mana dan rasakanlah kehidupan di kota atau di negara lain. Lagipula kita tidak harus traveling ke luar negeri kok. Indonesia ini terdiri dari 34 propinsi dengan 514 kabupaten/kota yang tiap kotanya memiliki keindahan, misteri, dan eksotismenya sendiri. Ada banyak keindahan yang bisa kita lihat hanya di negara kita sendiri. Ada begitu banyak kuliner khas setiap daerah yang sangat maknyus untuk kita coba. 😁

Saya mau pamer pada kalian, utamanya para pensiunan yang masih sehat dan punya duit. Kalian mau ngiri atau nganan ya silakan. Saya sudah mendatangi semua 34 propinsi di Indonesia dan juga sudah mendatangi lima benua di dunia. Dan itu pun saya dan istri masih terus kebelet jalan-jalan. 😁 Pandemi memang menghalangi kami traveling ke luar negeri sudah setahun lebih tapi tidak berarti kami hanya ngendon saja di rumah selama itu. Kami tidak takut apalagi sampai paranoid. Saya sudah pernah kena Covid 19 dan lolos dari maut (asal gak punya komorbid sih kayaknya kita bisa lolos kok) dan sudah di vaksin sekali. Kami masih riwa-riwi kesana kemari dengan tetap melaksanakan prokes yang diwajibkan (faktanya saya toh masih kena Covid 19). 😎

Kenapa saya menganjurkan para pensiunan untuk traveling, bepergian, jalan-jalan? Karena memang menyenangkan dan akan bisa membuka wawasan kita. We always learn when we travel. Lagipula kapan lagi kalian mau menikmati hasil kerja kalian selama bekerja sejak masih muda sampai pensiun hari ini? Ya, saya paham bahwa kalian sudah merasa dekat dengan liang kubur dan pingin tobat dengan selalu berada di masjid. 😎 Tapi masjid kan ada di mana-mana dan tobat juga tidak harus di masjid. Sambil traveling lihat-lihat keindahan alam atau dinamika sebuah kota sambil tobat mosok sih gak bisa? “Ya, Allah, alangkah enaknya masakannya orang Maumere ini. Alhamdulillah! Saya bersyukur sekalian tobat, ya Allah.” 😂
Selanjutnya…

TRAVELLING TO MOROCCO (3): THE EXOTIC MARRAKECH

Kami mendarat di Bandara Mohammed V di Casablanca, Maroko pagi hari pada pukul sembilan pagi setelah perjalanan sepanjang 30-an jam dengan transit dan urusan imigrasi. Begitu keluar dari bandara kami langsung disambut dengan senyum manis Mas Alvian, mahasiswa S-3 Universitas Al-Karawiyin yang telah 8 tahun tinggal di Maroko. Dia dapat beasiswa dari PBNU yang bekerjasama dengan pemerintah Maroko. Ia tinggal di Rabat bersama istrinya yang baru saja menyelesaikan kuliah S2-nya dan seorang anak berusia setahun lebih. Mas Alvian telah menyewa sebuah van Hyundai dengan sopirnya Saeed yang ramah.

Maroko adalah negara yang terletak paling ujung barat di dunia Arab dan di utara Afrika. Jarak Maroko hanya sekitar 13 km dari Eropa, dengan melintasi Selat Gibraltar. Jika kita berdiri di pantai Maroko paling utara katanya kita bisa melihat mobil-mobil yang berjalan di sepanjang pantai Spanyol. Kota-kota di Maroko umumnya memiliki masjid-masjid dengan menara indah yang tanpa kubah, daerah pasar tradisional yang khas, benteng (kasbah) dan bangunan-bangunan abad pertengahan yang eksotis.

Maroko memiliki populasi hampir 34 juta jiwa dan luasnya 446.550 km2 (172.410 sq mi). Ibukotanya adalah Rabat. Kota terbesar adalah Casablanca. Kota-kota besar lainnya adalah Marrakesh, Tangier, Tetouan, Salé, Fes, Agadir, Meknes, Oujda, Kenitra, dan Nador. Maroko memiliki sejarah yang berbeda dengan negara-negara tetangganya karena kebudayaan Maroko merupakan campuran antara kebudayaan Arab, Eropa, dan Berber. Jadi semacam percampuran antara Lawrence of the Arabia dengan Conan the Barbarian.

Kalau Anda kesulitan membayangkannya ya bayangkan saja percampuran antara Joko Kendil dan Ken Arok. Gak nyambung sih. Tapi bagi orang yang punya imajinasi tinggi tidak ada masalah. Lha wong Mak Lampir dipadukan dengan Susanna saja bisa jadi Suster Ngesot kok! 😂
Selanjutnya…

TERORISME MASIH TERUS ADA DISEKITAR KITA. 😔


Dear all, peristiwa bom bunuh diri di Katedral Makassar pagi ini adalah peristiwa terorisme yang kembali terjadi di negara kita. Perlu dipahami bahwa terorisme masih terus menghantui negara kita dan tidak pernah berhenti. 😔

Belum jelas siapa pelakunya tapi saya yakin bahwa pelakunya tidak jauh dari kelompok-kelompok teroris yang selama ini memang selalu berupaya untuk mengganggu kerukunan umat beragama dan kedamaian di negara kita. Sekedar mengingatkan. Dalam rentang waktu sepekan sebelum ini, Densus 88 Antiteror menangkap 20 terduga teroris di Jawa Timur. Sebanyak 12 orang ditangkap pada Jumat (26/2/2021) dan delapan orang ditangkap pada Senin (1/3/2021) dan Selasa (2/3/2021).

Mungkin ini adalah tindakan balas dendam mereka atas ditangkapnya teman-teman mereka dan juga semacam show of force bahwa mereka masih eksis meski diburu di mana-mana.
Selanjutnya…

MARI MENABUNG UNTUK KESEHATAN 🙏😊


Menabung sejumlah dana bagi masa depan (dan masa tua) itu perlu. Itu sebabnya semua negara menciptakan sistem persiapan dana pensiun yang bahkan diwajibkan bagi semua instansi/perusahaan/lembaga untuk karyawannya.

Tapi selain menabung dana pensiun kita juga perlu MENABUNG KESEHATAN bagi masa depan dan masa tua kita. Kita perlu memiliki tubuh yang selalu bugar, bukan hanya untuk hari ini tapi juga untuk masa tua. Dengan tubuh yang sehat dan bugar maka masa tua kita akan lebih berbahagia. (Kalau sakit-sakitan gak bisa reunian lho…!) 🙏😁

Untuk menabung kesehatan ini ternyata sangat mudah. Cukup dengan berolahraga BERJALAN KAKI dengan intensitas sedang saja.

Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan level kebahagiaan kita, bahkan mampu meningkatkan produktivitas harian. Itupun jika dilakukan dalam jumlah langkah kaki yang sedang. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa jumlah langkah tertentu yang Anda tempuh selama berjalan dapat berdampak pada produktivitas tertentu pula.

Apa manfaat yang bisa kita peroleh ketika berjalan kaki dengan jumlah langkah tertentu berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah dari para ahli:

4.400 – 10.000 LANGKAH

Target 10.000 langkah per hari mungkin telah menjadi kebiasaan rutin bagi ahli kebugaran, akan tetapi berjalan sebanyak 4.400 langkah saja sudah membawa manfaat bagi yang belum mampu mencapai angka 10.000 langkah (Saya sendiri masih terus berusaha untuk mencapai angka 10.000 langkah ini setiap hari. I’m quite ambitious on it). 😎
Selanjutnya…

RAHASIA HIDUP BAHAGIA (4)

Anda boleh percaya boleh tidak tapi berdasarkan penelitian yang cukup intens dan masif ternyata UANG TIDAK DAPAT MEMBELI KEBAHAGIAAN. 😳

Ini adalah Rahasia Hidup Bahagia No 99. Saya sendiri antara percaya dan tidak percaya. Really…?! 🤔 Soalnya saya memang bisa melihat bahwa banyak orang kaya yang hidupnya tidak bahagia. Banyak orang kaya yang malah bunuh diri. Banyak orang kaya yang keluarganya berantakan, dlsb. Banyak orang kaya yang punya istri dan selingkuhan dua atau tiga orang. Eh, ini lain lagi deng…! 😎Tapi di sisi lain saya juga dengan mata kepala sendiri melihat betapa banyaknya orang yang hidupnya menderita alias tidak bahagia karena hidup miskin tak punya uang sama sekali.

Orang-orang seperti ini jika mendapat uang seratus atau dua ratus ribu secara tiba-tiba akan merasa seolah dunianya terang benderang. Sebaiknya Anda jangan sok berfilsafat pada orang-orang seperti ini. Kuatirnya mereka akan bilang, “Baiklah. Berikan semua uang Anda pada saya agar saya bisa membuktikan kebenaran kata-kata Anda. Saya yakin bisa merenggut kebahagiaan Anda jika Anda memberikan semua uang Anda pada saya sehingga kebahagiaan akan berpindah pada saya.” 😂

Jadi bagaimana menurut Anda? Apakah menurut Anda uang tidak dapat membeli kebahagiaan? Soalnya pas jalan-jalan di mall saya dapat tulisan di dinding yang bikin saya ngakak. “Those who say money cannot buy happiness surely do not know where to shop.” Istri gua banget nih…! 😂 Of course your money cannot buy happiness when you do not know how to spend it. 🙏

Ada artikel yang membahas tentang mengapa ‘money cannot buy happiness‘ ini kalau mau tahu.
Selanjutnya…

RAHASIA HIDUP BAHAGIA (3)

Memiliki hubungan dekat dengan seseorang ternyata adalah faktor yang paling menentukan dalam kebahagiaan. Jika Anda merasa dekat dengan orang lain, Anda akan merasa lebih nyaman dengan diri Anda 4 kali lipat dibandingkan jika tidak memiliki perasaan dekat dengan siapa pun. Oleh sebab itu TANAMLAH PERSAHABATAN agar Anda menjadi bagian dari orang lain atau kelompok pergaulan atau masyarakat. Kita butuh memperhatikan dan diperhatikan oleh sesama. Ini adalah kunci Rahasia Hidup Bahagia No 6.

Orang-orang yang pandai bergaul dan suka kumpul-kumpul dengan teman-temannya cenderung lebih berbahagia ketimbang orang yang solitaire. Orang yang solitaire cenderung sering merasa kesepian. Padahal kata banyak orang loneliness kills, kesepian bisa membunuh. Banyak orang mati karena kesepian. Para peneliti telah menemukan bahwa kesepian sama mematikannya dengan merokok 15 batang rokok per hari. Orang yang kesepian 50 persen lebih mungkin meninggal secara prematur dibandingkan mereka yang memiliki hubungan sosial yang sehat. Kesepian ternyata juga meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kondisi kesehatan kronis lainnya. Selanjutnya…

RAHASIA HIDUP BAHAGIA (2)


Ternyata “orang bahagia” tidak terus menerus sukses. Demikian pula sebaliknya, “orang tidak bahagia” tidak terus menerus gagal. Berdasarkan penelitian, mereka cenderung memiliki pengalaman hidup yang serupa. Istilahnya sebelas dua belas aja. 😁 Bedanya, rata-rata “orang tidak bahagia” menghabiskan waktu dua kali lebih banyak untuk memikirkan kejadian yang tidak menyenangkan.

Sementara, “orang bahagia” cenderung mencari informasi yang membuka wawasan mereka. Mereka mencari hikmah dari kegagalan mereka. Jadi bedanya hanya pada bagaimana mereka melihat peristiwa yang terjadi pada diri mereka. Jika Anda lebih suka berlama-lama dalam suasana gloomy dan menyesali bad luck maka jelas Anda akan jatuh dalam situasi ‘not happy‘. Tapi jika Anda justru tertarik untuk belajar dari kegagalan dan kesialan Anda maka Anda akan melepaskan diri dari peristiwa tersebut dan menjadikannya obyek untuk Anda pelajari. Anda lepas dari suasana suram dan beralih ke sisi yang lebih terang.

Jadi sebenarnya banyak hal dalam hidup ini yang sesungguhnya menyangkut masalah perspektif atau sudut pandang saja. Baik atau buruk, keberhasilan atau kegagalan, bukanlah hal yang mutlak. Yang membedakan adalah bagaimana cara kita memandangnya.

Nah, apakah Anda bersedia untuk keluar dari sisi suram dari setiap hal buruk dan tidak menyenangkan dalam hidup Anda dan berpindah ke cara pandang yang lebih positif dan penuh harapan?

Kunci Rahasia Hidup Bahagia No 34 adalah: YANG PENTING BUKAN APA YANG TERJADI TETAPI BAGAIMANA ANDA MEMIKIRKAN APA YANG TERJADI. Selanjutnya…

RAHASIA HIDUP BAHAGIA

Sampeyan kok kelihatannya hidupnya hepi terus. Apa ada rahasianya…?! 🤔

+ Ada dong. Saya punya banyak rahasia untuk hidup bahagia. Saya bahkan punya Kitab Rahasia Hidup Bahagia. Di kitab tersebut dijelaskan 100 Rahasia Hidup Bahagia. 😎

Apa bisa dijamin buku tersebut berisi petunjuk agar orang bisa bahagia dengan mempraktekkannya?

+ Tentu saja. Buku ini bukan sekedar hasil olah pikir filsuf, agamawan, atau para sufi. Buku Rahasia Hidup Bahagia ini hasil penelitian para ilmuwan psikologi tentang hakikat kebahagiaan, kepuasan hidup, dan sikap hidup yang menciptakan kebahagiaan. Jadi memang merupakan sari pati dari sikap hidup manusia-manusia yang berbahagia di dunia ini. Mereka tidak mengarang-ngarang atau merefleksikan sikap hidup pribadi mereka sendiri.

Menurut penelitian orang yang berbahagia melakukan hal-hal yang berbeda dengan orang-orang yang tidak berbahagia. Kitab Sakti ini ditulis setelah mengkaji lebih dari 1,000 studi yang ditulis selama 10 tahun terakhir. Kitab 100 Rahasia Hidup Bahagia ini bukanlah penemuan satu orang saja tapi merupakan refleksi dari kesimpulan para ilmuwan yang mempelajari kehidupan manusia dengan cukup lama dan intens. Jaminan mutulah…! 😁

Saya telah membaca Kitab Sakti ini dengan tuntas. Ternyata sudah cukup banyak dari 100 Rahasia Hidup Bahagia tersebut yang telah saya lakukan dalam hidup saya (pantesan kok saya hidup bahagia selama ini. 😁). Ada beberapa yang sulit untuk saya lakukan. Tapi karena banyak jurus-jurus saktinya telah saya lakukan dan kuasai maka tidak menjadi masalah jika tidak saya kerjakan.

Mau tahu beberapa rahasianya yang telah saya lakukan selama ini? Selanjutnya…

KISAH KASIH TRAGIS KAESANG – FELICIA DAN HIKMAHNYA. 😎
Sumber: Google

Sumber: Google

Kata orang bijak ambillah hikmah di mana saja ia berada. Rasulullah SAW bersabda; “Hikmah itu adalah barang yang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ia menemukannya, maka ambillah.” (HR. Tirmidzi)

Lalu apa hikmah dari kisah kasih Kaesang dan Felicia yang berakhir tragis itu bagi saya? 🤔

Siktalah…! Olaopo saya kok ikut-ikutan ngegosip kisah kasih mereka kayak emak-emak sosialita yang kurang pekerjaan? Kalau kurang pekerjaan memang saya akui. Sejak pandemi ini undangan ngisi acara nyanyi pada acara mantenan dan ulang tahun benar-benar kosong. Tapi bagi saya itu biasa saja. Lha wong saya memang tidak pernah diundang nyanyi di mana pun itu. Acara bisa bubar kalau saya ikut-ikutan nyanyi. Sejak pandemi ini pekerjaan saya cuma riwa-riwi dan olahraga jalan kaki pagi agar kaki saya tidak tumbuh akarnya karena tidak dipakai.

Tapi karena kisah kasih mereka memang menghebohkan dunia persilatan dan saya masih suka baca apa saja yang sedang hit maka mau tak mau, suka tidak suka, (who said this phrase first ya?) berita mereka pun masuk ke benak saya. 😎

Selanjutnya…