April 29, 2024

0 thoughts on “SAKSI JEHOVAH DI RUANG TAMU SAYA

  1. Berkaitan dengan tulisan ini:
    Saya juga lantas teringat betapa kita menghancurkan sesama Islam karena perbedaan keyakinan seperti yang terjadi pada orang-orang Ahmadiyah. Benarkah Islam mengajarkan hal ini? Bukankah Rasul sendiri pernah menyatakan bahwa Islam akan terpecah menjadi 73 bagian dan hanya 1 bagian yang benar, yaitu yang menegakkan AlQur’an dan hadist. Hanya itu. Tidak ada anjuran ataupun perintah Rasul agar mereka yang merasa sebagai bagian yang benar itu menghantam, menghakimi dan menghabisi 72 golongan lainnya yang salah dan tersesat.

    Barangkali hadith ini bermanfaat:
    Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda: “Tolonglah saudaramu yang melakukan kezoliman dan yang dizolimi, seseorang berkata : wahai Rasulullah saya akan menolongnya jika dia seorang yang dizolimi, lalu bagaimana saya menolongnya jika dia melakukan kezoliman? Rasulullah bersabda: kamu menahannya, atau menghalanginya dari kezoliman, maka hal itu adalah cara untuk menolongnya.” (H.R. Bukhari).

    Bukan maksudnya bahwa orang yang keliru harus dibunuh, tetapi orang yang jelas2 keliru (seperti kaum yang menolak semua hadiths) sebaiknya diajak kembali ke golongan yang “satu”.

  2. Assalamu alaikum, saudaraku Bpk. Satria Darma

    saya mohon bantuannya. ditempat saya bekerja telah dibangun sebuah gereja. warga masyarakat sebernarnya tidak menyetujui atas pembangunan gereja tersebut karena warga mayoritas muslim, yang membuat kami umat muslim bingung adalah GKI pusat tidak mengakui, setelah kami berbicara dengan beberapa rekan kerja kami mengapa gereja sudah dibangun kok bermasalah (tidak diakui/ alasam mereka belum diakui)padahal gereja tersebut sudah diresmikan. tapi saya melihat ada yg lucu dan aneh diantaranya :
    1. Ini negara Indonesia kok meresmikan gereja ada orang Bule warga Inggris, apa pendeta mereka yang di Indonesia tidak mampu meresmikan gereja sehingga harus minta tolong pada bule( saya yakin mereka misionaris vatikan.

    2. Alasan mereka tidak diakui, karena yang memprakarsai dan pendanaan pembangunan gereja tersebut adalah aliran baru kristen di indonesia dan yang pertama di jawa barat serta belum diakui oleh GKI Pusat.

    pertanyaan saya apakah gereja ini gereja jehovah/jehoa.

    Untuk mereka yg suka membom, membunuh, mengkafirkan sesama muslim dan memusuhi agama lain :

    Rasulullah tidak pernah mengajarkan untuk menyiarkan Islam dengan pedang. mereka yang menyiarkan Islam dengan pedang adalah umat yang dulu selalu “memotong tali Unta Nabi”

    terima kasih pak

    wassalamu alaikum

  3. Saksi Yehuwa adalah cerminan dari murid Kristus yang benar! Org dunia dan agama lain mnurut saya kalah dgn mereka meskipun mereka ditentang abisan di Indonesia! Salut kepd Saksi Yehuwa!

  4. Saksi-Saksi Yehuwa Di Indonesia memang tidak diakui oleh GKI Pusat, karena memang Saksi Yehuwa Bukan Bagian dari Orang-orang Gereja..

    Saksi-saksi Yehuwa sudah di Akui Pemerintah sejak Jamannya Presiden Abdurahman Wahid. dan Saksi Yehuwa sangat Jauh berbeda dengan ajaran-ajaran Gereja, dan Saksi Yehuwa adalah Agama yang Paling Kristen dibanding Agama yang lain.

    Majalah Awake! sudah di Translate ke “Sedarlah” kalau nggak salah sekitar tahun 1980an

  5. Jujur saja, saya tidak begitu menikmati saat saya mengikuti acara kotbah saksi yehovah beberapa waktu yang lalu. Saya adalah orang Katolik, dan saya tidak merasa nyaman dengan perbedaan apa yang dikatakan oleh Yesus dan oleh para misionaris itu.

    Acaranya memang menyenangkan, namun saya tidak ingin lagi mengikuti kotbah itu…

  6. Perkenalkan, saya bekas anggota aliran saksi jehovah sudah 8 tahun ini saya memilih mengasingkan diri dengan rutinitas yang biasa saya lakukan karena saya tidak menemukan kebahagiaan dan arti hidup di organisasi ini.

    Mungkin indah dipandangan Bapak Satria Dharma, tapi kami sebenarnya di paksa untuk melakukan itu, dipaksa dengan cara halus, di jauhi jika kami tidak menyiarkan,dan disindir terus dalam khotbah,termasuk didatangi oleh orang dari kantor pusat tiap 6 bulan dan bertanya apa kendala nya sehingga jam dinas kami sedikit sekali, dan kadang seperti pesakitan kami ditemani oleh senior yg datang kerumah dan mau gak mau kami harus jalan.

    Kami harus membuat laporan tertulis brp jam sudah kami habiskan untuk menyiar,peta daerah yang kami cetak dari peta jakarta sudah dibagikan per bagian dan per daerah mana penugasan kami ada ditas kami ketika syiar dan ada tanda masjid atau gereja yang km harus hidari takut memicu debat,kami pun harus melaporkan situasi kondusif atau tidaknya suatu daerah, termasuk laporan berapa banyak buku atau sedarlah sudah kami bagikan.

    Kami diajar untuk membenci semua agama lain dan agama lain adalah pengikut IBLIS atau bahasa kami susunan besar, baik itu katolik islam budha hindu protestan advent atau agama apapun adalah pengikut IBLIS, orang yang tidak mau mendengar syiar kami adalah pengikut IBLIS dan layak BINASA.

    Kami makan daging babi dan anjing, juga minum sesuai kebutuhan tidak sampai mabuk itu tidak dilarang, yang haram adalah rokok darah sirih ulang tahun hormat bendera, banyak rekan2 saya dulu yang mati karena tidak boleh transfusi darah di rumah sakit, kasihan melihat keluarga mereka terlantar karena ditinggal oleh anggotanya, menurut saksi yehuwa transfusi = makan darah.

    Kehidupan didalamnya tidak seindah yang Bapak Satria Dharma lihat, bahkan jauh dari bahagia, yang ada adalah beban dan pola pikir yg dikejar2 hari armagedon dan menjadi budak dari watchtower.

    Banyak dari kami yang sejujurnya sangat tertekan dengan pengaturan yang dibuat, beban saya lepas seketika ketika saya menjauhi rutin saksi yehuwa.

    Rutin itu adalah, wajib membayar iuran walau tidak dipaksa, tapi khotbahnya sangat menyindir jika tidak membayar,wajib melapor syiar tiap bulan jika dibawah 11 jam anda terhitung sakit rohani, apalagi kadang2 melapor anda terhitung sakit rohani sekali, alias rohani anda tidak bagus, yah benar, walau anda tidak melakukan kesalahan apapun anda dinilai tidak rohani dan salah jika tidak ada laporan syiar.

    Rutinitas tiap minggu : hari minggu berkumpul utk ibadah 3-4 jam sore hari berkumpul untuk syiar, hari senin persiapan utk berkumpul hari selasa, hari selasa malam berkumpul untuk ibadah 2-3 jam, hari rabu pagi berkumpul untuk syiar hari malamnya persiapan utk ibadah kamis, hari kamis malam berkumpul ibadah 2-3 jam, hari jumat persiapan ibadah untuk sabtu, hari sabtu berkumpul utk syiar dari pagi sampai siang malamnya persiapan utk ibadah minggu.

    Rutinitas yang kaku dan keras seperti itu terus begitu di kehidupan saya, bertahun-tahun. sangat melelahkan hidup tak jelas arahnya antara menjadi orang yang rohani tapi juga harus makan, kami diajar menjadi seorang pendeta tetapi sekaligus harus hidup duniawi, berbeda dengan kristen lain yang memang menjadi pendeta bisa fokus menjadi pendeta tidak disimpangkan.

    Definisi hidup saksi yehuwa adalah bahagia menjadi “budak” watchtower benar benar dalam arti BUDAK.

    Sungguh bahagia saya sudah tidak lagi bergabung lepas sudah semua beban dan tekanan saya, pekerjaan saya menjadi lebih terarah dan jelas, pendamping hidup pun juga saya sudah dapat dan saya sangat bahagia sekarang.

  7. Kristus = yang diurapi anti kristus = anti urapan,saksi Yehova bukan saja menentang urapan Roh Kudus tapi menganggap Yesus hanya titisan malaikat michael,jelas2x anti christ,penyesat jaman akhir,mengenai baju wangi dan rapih,Tuhan tidak melihat penampilan luar tetapi hati,percuma luarnya bersih dan wangi kalo hatinya busuk,JBU

  8. Islam dan saksi Yehova ada setali 3 uang,sama saja,anti christ,bagai kaum musilm baca surat al imron,al baqaroh,al maryam < ayat yang paling anti diajarkan di pesantren karena Muhammad jelas berkata : Juruselamat adalah Isa,saya punya teman mantan kyai dan dia bongkar semua ayat tsb,yg dianggap ga penting dan ga pernah diajarkan di pesantren,bagaimana islam dgn kitab sucinya sebagian penting sebagian tidak?mau nurut sebagian2x saja,kalo ditanya mantan kyai itu bilang "ah,ga penting itu,ga usah dibaca"tapi sekrg dia sudah sadar,di islam ada banyak surat contohnya Yasin,yg masih bisa digunakan untuk memanggil jin islam,bahkan utk menyakiti org lain,Alkitab tdk mengijinkan kita bersekutu dgn apapun selain Tuhan,dan mengajarkan kasih,tdk ada menyakiti org lain

  9. Bung Daniel, umat Islam itu umat yang paling menghormati Jesus Christ (Nabi Isa). Di AlQur’an justru lebih banyak ayat tentang Nabi Isa daripada Nabi Muhammad sendiri. Baru tahu kan! :-). Bagi umat Islam semua nabi adalah juru selamat. Mereka memang bertugas menyelamatkan umat manusia dari kesesatan. Jadi salah besar kalau disebut bahwa umat Islam tidak percaya bahwa nabi Isa bukan juru selamat.
    Anda telah dibohongi oleh seseorang yang mengaku sebagai ‘kyai’. Ia jelas tidak paham tentang Islam dan Al-Qur’an. Tak ada ayat yang ditutup-tutpi dalam Islam. Itu benar-benar nonsense. Sama omong kosongnya dengan menyatakan menggunakan ayat Al-Qur;’an untuk memanggil jin dan menyakiti orang lain. Kalau mau menyakiti orang lain cukup dengan tidak menegur dan melengos kalau ketemu dengannya. 🙂
    Jika Alkitab mengajarkan agar kita tidak bersekutu dengan apa pun selain Tuhan (bukan Nabi Isa lho!), mengajarkan kasih sayang dan tidak menyakiti orang lain (kecuali dalam perang) maka rasanya itu sama dengan ajaran AlQur’an.
    Saran saya, bacalah sendiri Al-Qur’an. Saya jamin tidak ada yang ditutup-tutpi disitu. 🙂 Enjoy yourself!
    Salam
    Satria

  10. Kewajiban seorang saksi adalah bersaksi kepada siapapun, kapanpun, dimanapun. jadi kalau tidak bersedia bersaksi artinya dia bukan saksi. Untuk bisa mendapatkan sebutan ” Saksi Yehuwa” tentu seseorang akan bersaksi tentang kebesaran Yehuwa yang menyebabkan kita ada dengan sukarela. Yehuwa tidak pernah memaksa umatNya, kita manusia diberi akal, pikiran, hati dan kebebasan untuk memilih yang tentunya masing-masing pilihan mengandung konsekwensi sendiri-sendiri, jadi apakah kita bersedia menjadi saksiNya atau tidak, apakah kita mau menerima tranfusi darah atau tidak, apakah kita mau memperbaiki diri setiap waktu atau tidak, itu adalah pilihan dan masih banyak pilihan lain.
    Ada pengalaman yang membuat saya sebagai orang tua tersentuh. Anak saya perempuan (12 tahun) suatu hari menderita sakit demam berdarah yang cukup kritis, dokter meminta saya menandatangani tindakan yang akan diambil yaitu “tranfusi darah”, ketika anak saya tahu, dia langsung menolak keras, tidak mau menerima tranfusi darah. Anak saya mengatakan “Ma, aku mau ikut Yesus dan Yehuwa, jangan lakukan tranfusi, karena itu sama dengan makan darah, hanya umumnya kalau orang makan lewat mulut tapi tranfusi langsung masuk ke aliran darah saya sama dengan infus ini saya kan minum obat juga. Ma, meskipun saya mati hari ini karena tidak tranfusi darah, saya masih punya harapan untuk dibangkitkan dan hidup abadi dibawah pemerintahan Yesus. Jadi tolong Mama jangan tanda tangan”. Akhirnya saya orangtuanya tidak tanda tangan tetapi diminta membuat pernyataan tidak menyalahkan pihak rumah sakit jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap anak saya. Kami orang tua mencari obat alternatif atas saran dokter dan dengan dukungan doa dari saudara dan handai taulan anak saya sembuh secara fisik sekaligus rohaninya tetap bersih karena “tidak melanggar Hukum Allah”. Inilah yang disebut pilihan, kita bebas melakukannya.
    Tanpa menjelekkan pihak lain, kalau kita sudah membuat pilihan, marilah kita setia dengan pilihan kita karena Yehuwa itu Setia.
    Salam untuk sdr. Satria Dharma.

  11. saksi Yehovah(SY) tidak pernah menggunakan kata syiar untuk menyampaikan majalah atau memberitakan kabar baik,mereka menggunakan kata “mengabar”. mengenai pertemuan dihari selasa sudah diganti dengan malam ibadat keluarga(dirumah keluarga masing2) ini berlaku diawal tahun 2010 dan anda berkomentar dibulan april 2010.saya ragu mengenai identitas yg mengaku2 tsb. mengenai jam dinas saksi menyebutnya memberikan “laporan bulanan” perhitungan nya 1 hari ada 24 jam kalau 30 hari=720 jam jadi itungan nya 11 jam itu sekitar 1,5 persen jam perbulan yg dibaktikan lebih dari 98 persen untuk pribadi( selain kehadiran dihari ibadat layaknya agama lain) bagaimana kalau istilah perpuluhan diwajibkan untuk memberikan jam dinas? tapi itu juga tidak dipaksakan ingatlah mengenai janda mskin yg memberi dari kekurangan dihargai oleh yesus secara langsung kepada murid2 nya, bahkan 15 menit sebulan untuk pribadi2 yg mempunyai keterbatasan fisik/usia lanjut dianggap aktif secara rohani..kira2 bisa dihitung senditri berapa persen 15 menit dalam 720 jam( saya sendiri tidak 11 jam dalam memberikan laporan dinas), memang SY sangat keras dalam hal disiplin rohani (tidak boleh merokok,bermabuk-mabukan amoralitas seksual dll,perilaku yg salah tidak pernah dibiarkan berlalu tetapi selalu dimaafkan setelah ada disiplin yg berlaku atas pelaku kesalahan dan pertobatan yang serius ditunjukkan .SY tidak menganggap anggota agama lain pengikut iblis dan membenci mereka,bila betul maka kontradiksi dengan niat mereka melakukan pengabaran yaitu atas dasar kasih kepada sesama.(apa ada membenci orang lain tapi capek2, panas2 belum lg di maki2 penghuni rumah tapi tetap mengabar..pengalaman anak sdri nunik saya alami secara pribadi bukan atas paksaan tetapi atas dasar penalaran yang disertai iman mengenai makan darah juga atas artikel yg diterbitkan berdasarkan alkitab walau saya masih anak-anak pada waktu memutuskan hal ini bukan atas iman orang tua saya..mengenai tudingan anti crist thdp saksi jehovah rasa nya aneh,mereka melakukan pengabaran atas perintah yesus,menganggap yesus sebagai raja meianik mereka dan sudah bertahta disurga..dan mereka sekarang mempelajari secara khusus buku tentang yesus dalam ibadat mereka(sudah banyak artikel yesus yg SY terbitkan)
    tujuan saya memberikan pendapat dari sisi yang masih menjadi SY
    Salam untuk bpak Satria Dharma

  12. saya teman baik dan tetangga dari penganut saksi jehovah dan sempat belajar sekitar setahun, mengerikan munafiknya saksi jehovah menurut saya, saya tahu persis kasus sex bebas di antara saksi jehovah yang tidak terungkap, anak2 muda yang bergaul dan pacaran banyak yang melakukan merangsang alat kelamin, menggunakan jari atau mulut, malah melakukan hubungan sex, pernah kawan saya berpacaran dengan saksi dari sidang daerah jakarta timur dan berhubungan sex, yg gilanya lagi si wanitanya ini sudah tidak perawan karena sering berhubungan sex dengan teman sma nya dan dgn teman satu sidanya, gila gak tuh, teman saya ini juga sering cerita kalau wanita2nya haus laki2 dan banyak yang perawan tua, saya banyak cerita ini karena saya sempat belajar tapi baru bergaul sebentar ternyata banyak kasus sex bebas terselubung yang tidak terungkap, penipuan yg tidak boleh dilaporkan kepolisi dan munafiknya pergaulan di situ,menurut buku saya hrs mengadukan ke perintis atau penatua yang mengajar saya tapi tidak tega krn rata2 mereka ada orang tua dan reputasi, sering juga ikut ramah tamah ke puncak, ke rumah saudara2 lain yah gitu lah rata2 laki2nya munafik,yg zus nya pakai rok tipis dan dada menonjol waktu berhimpun, kalau pacaran yah berciuman dan ada yang sampai sex bebas terselubung mungkin 4 dari 10 orang pernah dan sering mengalaminya di saksi tp mrk takut utk bilang setiap mereka berhubungan sex atau merangsang kelamin mrk akan bercerita dengan saudara/saudari siapa mrk melakukan itu jadi yah sama2 pegang rahasia gitu lah kalau lg pesta istimewa cukup liat2an aja sudah takutnya bukan main hahahaa, kadang rahasia itu dibawa sampai mereka tua dan punya anak, contohnya yah teman saya itu sekarang sudah menikah dan punya anak, yang gobloknya lagi big bos nya saksi itu namanya om hutasoit dari kantor cabang didisiplin karena datang ke ultah sodaranya hahahah aneh, benar benar benar aneh

  13. Bagi saya sebagai orang kristiani, saya tidak begitu memperdulikan argumentasi dari kalangan Saksi Yehovah tentang kebenaran aliran mereka. Biarpun terkadang saya cukup risih dengan cara2 yang mereka lakukan.

    Yang jauh lebih penting bagi saya untuk menyikapi aliran2 yang mungkin bertentangan dengan apa yang kita imani sekarang (apapun itu) adalah dengan mengikuti apa yang sudah diucapkan oleh Yesus sendiri bahwa akan ada banyak mereka2 yang berbicara atas namaKU namun tetap percayalah kepadaKu.

    Yesus juga memberikan perumpamaan ttg mereka….pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik, pohon yang tidak baik akan menghasilkan buah yang tidak baik.

    Apabila buah dari mereka adalah cinta kasih Tuhan, kedamaian, kebaikan bagi hidup kita dan sesama, …..maka mereka adalah pohon yang baik…

    namun apabila buah dari mereka adalah kecemasan, ketakutan, perpecahan, kebencian dsb…maka mereka adalah pohon-pohon yang tidak baik.

    jauhilah pohon yang tidak baik !!!!!

  14. Memang untuk mengikuti Yesus Kristus, standardnya ya Alkitab.
    Nah, sebagai seorang Saksi Yehuwa gak susah kok. Baca Alkitab, pelajari Alkitab agar mengerti, terapkan Alkitab dan beritahukan isi Alkitab kepada orang – orang lain. Beres. jadi kalau di Alkitab ada tulisan tidak boleh berzinah, ya itu yang benar. Bila di Alkitab ada tulisan bahwa tidak boleh memfitnah orang atau berdusta….ya itu yang akan seorang Saksi Yehuwa lakukan. karena apa yang baik berasal dari Allah. Tapi Bapa Dusta adalah si Iblis.

    Mau pilih mana? Monggo lho.

    Seorang saksi Yehuwa tidak selamanya jadi Saksi Yehuwa. kalau ternyata seseorang melanggar prinsip Alkitab, maka orang tersebut bisa dipecat dari keanggotaan Saksi-saksi Yehuwa, kalau terdapat bukti-bukti orang tersebut melakukan dosa yang serius.

    Jadi kalau mau memfitnah Saksi Yehuwa, ya monggo lho. Tapi kalau mau tahu tentang Saksi-Saksi Yehuwa…juga monggo. Sudah banyak Saksi-Saksi Yehuwa di Indonesia. Kalau mau bacaan-bacaan gratis dari Saksi Yehuwa juga gampang kok. Gak bayar.

    ok lah.

    selamat bertemu dengan Saksi-saksi Yehuwa. Justru Saksi yehuwa diinstruksikan Yesus untuk memberitakan isi Alkitab. Bukan ngumpet dikamar tidur. Baca Matius 28 : 18 – 20. Jadi sekarang mudah kok ketemu mereka.

    salam,
    Petojo – Bobby

  15. wah..wah..seru juga ya pak,satria,.sya krn kebangun tdur jadi *on* setelah bca artikel ini.ok ok..
    pertama, membaca komen dr bbrapa org yg sudah d keluarkan dr saksi yehuwa di atas alias d pecat,justru saya smakin terpukau bahwa betapa hebatnya saksi yehuwa diorganisasi. teratur dan tertib. sampai jam dmana mereka melakukan kegiatan pun dihitung..n segala sesuatu di lapangan, ada pemberitahuannya.
    kedua,saya sring ikut hadir tengah pekan dan akhir minggu dimana saksi yehuwa beribadah..dan berani menantang siapapun kalau sampai ada yg melakukan seks bebas dlm pergaulannya. mereka sopan,dlm pakaian pun sma..rapih. anak2 duduk tenang berjam2. great.. kan. pasti yg sudah sering baca buletin saksi yg berjudul awake, watchtower pasti tahu persis bagaimana pandangan moral saksi yg sangat luhur tentang seks..jd betapa berdusta nya jk ada yg mengatakan bhwa mrk seks bebas..
    ketiga,soal darah.. mungkin ke depan metode pengobatan medis tanpa darah menjadi metode paling modern mengingat manfaatnya yg besar,hemat, dng resiko yg kecil.
    tx

  16. Perkenalkan, nama saya xxxx .Ayah saya anggota SSY dan ibu penyiar belum terbabtis. Nah,menurut saya SSY itu jauh berbeda dengan kristen dan agama lainnya.Mereka punya ciri khas masing-masing, yaitu :Pakainnya rapi dan bersih, disetrika licin,Sopan, ramah, dan sangat merespek orang yang dijumpainya.Terus, mereka bilang kalau perang,Spritisme itu tidak baik. Nah, ya sudah mereka tidak lakukan itu. Mereka benar-benar menerapkan prinsip Alkitab bukan .

  17. Ingat, pandanglah mereka sebagai teman ya… jangan sebagai musuh atau lawan kita. Mereka menaruh minat yang tulus kok sama kita . Coba lihat perbedaan mereka dengan anggota Susunan Kristen lainnya,atau agama yang lain. Dari sikapnya, tutur katanya, penampilan, serta ajarannya, masuk akal nggak.Mereka menginjil jauh-jauh itu semua demi Allah Yehuwa.Kasih mereka yang tulus terbukti . Udahlah rapi,bersih, ramah, sopan,ajarannya masuk akal kasih pelajaran Alkitab dan majalah GRATIS lagi. Nah, bandingkan itu semua dari agama lain. Jauh berbeda kan… Jadi saya tidak setuju kalau SSY itu sesat, tadak mengasihi, Itu fitnah!!!

  18. Seingat saya sekte ini sempat dilarang pemerintah, tetapi pada hari ini secara tidak sengaja saya menemukan tempat berkumpul “saksi jehovah”.

    Jika anda berada di daerah Jakarta, anda bisa menemukan mereka di Gedung ITC Kuningan, Lt. 9 disana ada “Balai Kerajaan Saksi-Saksi Yehuwa”. Jika anda tertarik dapat melihat dan menilai sendiri.

  19. sya tidak akn mengutip apa pun , sya ingin mngjak brpkir trbuka . buruk baiknya sbuah benda trgantung dari pnilai . klo sdah trsugesti “ini sesat” , jadilah itu . klo blum dngar sugesti itu ? bnyak juga yg mnjadi jw krena blum prnah dngar sma skali . untuk mrsakan apel , hrus dikupas , dimakan , bukan dilihat . stelah dmakan , pkiran hrus terbuka kan ? 😀

  20. Perkenalkan nama saya Harry..
    Wahh…
    Menarik juga bahasan tentang saksi jehovah….
    Saya mau tanya,
    Apa seh…????
    kelebihan & kekurangan saksi jehovah…
    Agar saya dapat memahaminya lebih dalam lagi….!!!
    terima kasih….

  21. Doktrin Trinitas adalah pengajaran bahwa TUHAN ADALAH SATU, NAMUN TERDIRI DARI TIGA PRIBADI:
    * Allah Bapa
    * Allah Putera
    * Allah Roh Kudus

    dasar Kitab Suci tentang Tritunggal Mahakudus :
    Yesus menunjukan kesatuan yg tak terpisahkan dgn Allah Bapa (Yoh10:30,Yoh 14:9,Yoh17:21)

    Yesus juga menyatakan keberadaan diri-Nya telah ada bersama-sama dgn Allah Bapa sebelum dunia di cipakan (Yoh17:5,Yoh1:1-3)

    Tentang ke-Allahan Yesus (Luk1:35,Luk1:42,Luk2:49,Mat3:17,Yoh8:58,Yoh13:13,Yoh14:9,14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *