Desember 1, 2022

1 thought on “How to Read a Book

  1. Saya membaca novel “The Old Man and the Sea ” karya Ernest Hemingway semasa smp karena buku itu tergeletak bebas di meja makan, di samping itu juga agar tampak gagah oleh orang-orang yang melihat saya sedang membaca buku tersebut.
    Lalu, saya menbaca ” Bumi Manusia ” , “Rumah Kaca ” dan Anak Semua Bangsa ” Karya Pamudya Ananta Toer karena justru buku itu sulit di di peroleh ( saat itu termasuk buku yang dilarang beredar oleh rejim penguasa ) dan akan terdengar gagah jika saya cerita kepada teman smp saya kalau saya telah membaca ketiganya dan mampu menceritakan isi buku-buku tersebut.
    Di dalam bis kota semasa sma saya merasa kurang pd jika tidak menaruh buku Kalkulus karanga Edwin Purcel diatas kedua paha saya…
    Jadi jaman dulu pada mulanya adalah kebutuhan akan kebaggaan dan kegagahan… Saat ini anak saya mendapatkan pemenuhan terhadap kebanggaannya dari sebuah layar monitor kecil seukuran 4 x 5 cm handphonenya ketika sms-an..atau ketika sedang meng-up date status di facebooknya…Ternyata semua kita memang hidup dalam jamannya masing-masing, Pak Sat…Salam hormat slalu..!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *