Maret 28, 2024

0 thoughts on “Masyarakat Yahudi di Iran

  1. Dear all, Ada kesalahan fatal pada tulisan saya dengan judul di atas. Kalimat “Tidak banyak orang yang tahu bahwa penduduk Yahudi kedua terbesar
    setelah Israel tidaklah tinggal di Amerika atau Eropa melainkan justru
    tinggal di Iran!” adalah salah. Yang benar adalah :” Terbanyak setelah Israel di TIMUR TENGAH. Penduduk Yahudi di Amerika dan di Eropa jauh lebih banyak.
    Dengan demikian kesalahan diperbaiki.
    Salam
    Satria

  2. pantesan iran menjadi negara maju….karena mereka menghargai orang lain…apalagi bangsa jenius yahudi…..
    Coba Bangsa kita Indonesia mau menghargai mreka…
    Tahu kan bagaimana jadinya kita????
    iya……..maju spt Singapura….Iran..dll.
    Kita terlalu naif…..terlalu menganggap ajaran arab adal;ah terbenar….sampai sampai lupa akan JATI DIRI SEBAGAI BANGSA INDONESIA…
    KITA TERLALU ANEH………

  3. awal post sangatlah salah dalam kalimat “Tidak banyak orang yang tahu bahwa penduduk Yahudi kedua terbesar setelah Israel tidaklah tinggal di Amerika atau Eropa melainkan justru tinggal di Iran!” pertama israel, kedua US, dan ketiga EU seperti reply satria.. indonesia mungkin akan maju apabila menghargai bangsa yahudi, tapi maju dalam teknologi dan moneter saja, ras melayu mungkin akan dijadikan orang paling rendah.. memang tidak semua yahudi itu jahat, tapi dengan melihat dari definisi yahudi saja akan sangat sulit membedakannya dari tampilan luar (fisik)jadi bagaimana caranya membedakan mereka??. Yahudi yang memeluk agama yahudi tanpa memiliki idealisme zionisme yang mungkin dapat kita rangkul. terkutuklah yahudi dan pemuja paganisme di seluruh dunia yang memiliki paham zionisme. perangilah mereka seperti yang Rasullulah SAW lakukan..

  4. yah betul sekarang kita sudah dapat membedakan yang mana suku bangsa dan yang mana aliran agama dan gerakan politik,saya rasa di Indonesia sendiri ada pecahan dari Ras yahudi yang dikenal paling perantau dikalangan penduduk dunia lainnya.jadi kenapa kita harus mikir jauh,dinegara kita aja ada keturunannya,tapi sayang kepintaranya tidak teroptimalkan dengan baik,karena aroma politik Indonesia masih tersentralisasi di pulau jawa,dan dominasi javaisme yang sangat kental,siapakah keturunannya yang saya maksud,mungkin kita semua bisa cari tau suku apa yang sangat mendekati dengan tabiat Ras yahudi,dan kita melihat atas dasar keturunan bukan agama dan gerakan Politik sebagai mana yang sudah saya jelaskan diatas dan dari bukti sejarahpun sudah melihatkan faktanya dalam pergerakan perjuangan,keturunan suku bangsa yang saya maksud lebih banyak berkiprah,dan itu terbukti dari pejuang yang terlahir dari suku bangsa yang saya maksud

  5. Lucu banget artikelnya…sering baca bukulaaah mas dharma Populasi Yahudi terbanyak no dua ada di US, kalau memang orang Yahudi lebih nyaman tinggal di Iran logikanya akan lebih banyak umat Yahudi yg tinggal dinegara tersebut (karena kedekatan Geografis)kenyataannya lebih banyak umat Yahudi yg tinggal di US, semua orang didunia taaaau bahwa kebebasan beragama, ekspressi, mengemukakan pendapat dimuka umum, seni…….dan sebagainya cuma didapat di USA. anda tau Obama adalah contoh konkrit kebebasan Amerika….dan bukan Iran yg terkukung norma yg tidak akan membuat maju negara tersebut

  6. MAs Aris kalo baca tuh yang bener, dari atas dibacanya..Dasar GOBLOK! Baca donk Postingan yang 26 Januari 2008 oleh penulis blognya.Asal ngomong ajah, kuli juga bisa.

    Blog ini bagus mas!

  7. hmmmm
    yahudi indonesia?
    menarik sekali komentar tgl 3 desember..
    sifat salah satu ‘ras’ di indonesia yang hampir sama dengan ciri2 yahudi?
    hmmm..
    mengingat nama yang bikin posting…
    hmmm…
    mengingatkan saya ke satu ‘ras’
    wew
    apakah ada sejarah tercatat mengenai asal usul
    nenek moyang ras tersebut masuk ke indonesia?
    menarik jika di ulas yah..

  8. Orang Indonesia asal mereka benar-benar mempelajari dan mengamalkan isi Al-Qur’an dan kandungan-Nya… Jangankan Singapura dan Iran… Amerika pun akan terkalahkan…!!! Tidak ada sedikitpun kekurangan dan Cela dalam Al-qur’an seluruh teknologi ada di sana… Tinggal orang nya aza yang membaca atau nggak… Mengerti atau Nggak… Bukan masalah urusan harga-menghargai… Orang Indonesia nya azah yang goblok tak mau belajar…

  9. Gue setuju th ma wongkito dan ambray bukan masalah arabnya tapi maslah agamanya kita menghargai arab, aku gak perah tuh dengperadaban yhudi menguai dunia, tapi peradaban islam ernah menguasai dunia ( eropa dikuasai islam 350 th, masa kita beranggapan yahudi jenius ( ntar gue di bilang goblok lagi ma anak2 ) yang jd masalah adalah orng2 Islam aja yang belum menjalankan ke Islaman nya dengan baik dan benar kalo udah monyet yahudi mah gak ada apa2nya. jadi kalo mau maju ya amalkan Islam dengan baik dan benar

  10. HHH…..TUHAN ITU HANYA 1, YAITU TUHAN YESUS…
    DIA DATANG UNTUK MENYELAMATKAN MANUSIA DARI DOSA…
    DIA MENGAJARKAN KASIH……

  11. Kita harus jadi negara sekuler kalo mau maju, coba sebutin negara mana yang berdasarkan agama yang maju dan gilang gemilang? Kagak ada coy!! Jangan terlalu banyak bernostalgia dengan masa lalu, nanti malah jadi kontra produktif…..

  12. Perbezaan antara Syiah dan Sunnah ada lah Bab Fekih sahaja. Jadi kita tak perlu perbesarkan perkara ini.sebab kita sesama islam.Jagan disebabkan perselisahan pendapat kita sunah dan Syiah berpecah belah dan berperang.
    Ini ada lah agenda oarng kafir untuk laga kan oarng islam
    Adakah puak Syiah sembah selain dari ALLAH?
    Fikir fikirkan lah..

  13. Apakah ada hubungannya dengan hadits berikut ini ya? :

    Diriwayatkan dari Abubakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada kami.

    “Artinya : Dajjal akan keluar dari bumi ini di bagian timur yang bernama Khurasan. ” [Jami’ Tirmidzi dengan Syarahnya Tuhfatul Ahwadzi, Bab Maa Saa-a min Aina Yakhruju Ad-Dajjal 6: 495. Al-Albani berkata, “Shahih. ” Vide: Shahih Al-Jami’ Ash-Sha-ghir 3: 150, hadits nomor 3398]

    Dari Anas Radhiyalahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

    “Artinya : Dajjal akan keluar dari kampung Yahudiyyah kota Ashbahan bersama tujuh puluh ribu orang Ashbahan. ” [Al-Fathur Rabbani Tartib Musnad Ahmad 24: 73. Ibnu Hajar berkata, “Shahih. ” Periksa: Fathul-Bari 13: 328). Ibnu Hajar berkata, “Adapun mengenai tempat dari mana ia keluar? Maka secara pasti ia akan keluar dari kawasan timur. ” (Fathul-Bari 13: 91)]

    Ibnu Katsir berkata, “Maka Dajjal akan mulai muncul dari Ashbahan, dari suatu kampung yang bernama Al- Yahudiyyah. ” [An-Nihayah fil Fitan wal Ma-lahim 1: 128 dengan tahqiq DR. Thaha Zaini]

    Wallahu A’lam

  14. artikel yang rancu…alias menyesatkan

    how ever, ukhuwah islamiyah tuh bukan cuman ada di Iran, di Indonesia juga, malah lebih kompleks en lebih rukun. so gak musti bangga’in Jewish yang ada disana kan!?

  15. salam…….
    kasihan sy lihat pemilik blog ini…….
    berhajat ingin berbicara tentang islam tp diri sendiri tidak memiliki ilmu………sy ingin bertanya apa kah di Malaysia or indonesia tidak ada org Yahudi?

  16. UYa. Yangt seperti dijanjikan allah swt terhadap bangsa yahudi bahwa saya akan membuat kalian pintar supaya kalian dapat membedakan agama mana yang benar bagi kalian. Itu/ jdi kita tidak bisa beranggap an kalau mereka ada di indonesia pasti akan maju . Itu salah besar.

  17. Setelah membaca artikel dari sdra dharma tentang yahudi di Iran,saya membuat kesimpulan betapa bagus dan benar nya ajaran Islam yang yang begitu tolerant dengan orang orang bukan Islam.Sampaikan orang orang Yahudi pun bisa hidup aman di Iran sebuah negara yang amat anti Israel.Namun saya tidak yakin orang orang Islam boleh tinggal dengan aman di Israel..

  18. tidak akan redha org2 yahudi dan nasara(kristian) sehinggalah kamu mengikut jejak langkah mereka!!!kan sudah jelas diberitahu dlm quran!!!

  19. Ah,sdr.Musa anda rupanya kurang informasi mengenai Israel.Buktinya disana ada menteri orang Arab yang beragama Islam dan juga ada senatornya Israel yg beragama Islam.Masihkah anda menganggap bahwa orang-orang Islam di Israel tidak aman/nyaman tinggal? Yah,kalo kerjanya ngebom orang tak bersalah di Indonesia juga mereka yang begitu tersingkirkan.!

  20. ya kalo bicara masalah toleransi sih boleh lah iran cukup toleran thdp yahudi, tp jgn lupa kita hrs tetep kritis krn yahudi disebut dalam banyak ayat Al Quran sbg ras yg cukup bermasalah, kritis disini kita hrs bertanya apakah kaum sunni cukup diberi toleran dlm menjalankan aqidahnya di negeri iran? sederhana aja ada berapa mesjid sunni yg ada di teheran dan bandingkan dgn jmlh sinagog yg berdiri disana, dr situ silahkan anda cari referensi dan simpulkan sendiri setoleran apa iran, terimakasih..

  21. Buat save mee : kata siapa yesus itu tuhan, yesus itu ya manusia, sama seperti kita kita, sama seperti muhammad, sama seperti musa atau ismail. yang namanya tuhan itu pasti pangkatnya lebih tinggi lah dari itu, pakai Logika aja udah bisa dirasakan kok. ( awas, salah pilih agama, masuk neraka loh, ga akan bisa lagi minta di hidupkan sebelum terlambat ).
    kalau dia datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa, suruh datang lagi dong, zaman sekarang ini kan lebih banyak manusia yang berdosa dari pada yang beriman, banyak perzinaan, banyak pembunuhan.
    kalau memang yesus benar benar datang lagi untuk menyelamatkan manusia dari dosa, saya akan pertimbangkan agama kristen, tapi ternyata kalau yesus datang untuk mematahkan salib dan memusnahkan babi, saya tetap berpegang teguh pada al quran.

  22. sekarang sdh jelas presiden iran ahmad dinejad adalah turunan yahudi, dia mengatakan hapus israel dari peta dunia hanya mau menutupi silsilah keturunanannya, buktinya bantuan terbesar untuk rs milik yahudi adalah dari sang presiden, ini kasusnya sama dengan elli cohen hanya saja elli cohen cepat ketahuan bahwa dia yahudi sehingga di hukum mati oleh pemerintahan surya sebelum menjadi presiden surya

  23. BELAJAR DARI SEMUA PERISTIWA DIDUNIA, MAKA MARILAH KITA MENGHARGAI SEMUA BANGSA SEPERTI DI IRAN MENHARGAI KOMUNITAS YAHUDI DI IRAN. SEMUA BANGSA MEMPUNYAI HAK HIDUP DIDUNIA INI…..DALAM KEPERBAGAIAN ITU KITA AKAN MEMBANGUN KEMBALI INDONERSIA BARU YANG KITA CINTAI HORMATI DAN HARGAILAH AGAMA DAN BANGSA LAIN DISAMPINGMU

  24. Semua suku…bangsa dan agama mempunyai hak hidup, hanya manusia yg membeda-bedakan.

    Perbedaan adalah kekayaan Allah dalam dunia dan manusia, Tuhan sudah percayakan beragam perbedaan didunia dan di Indonesia, mari kita pelihara, kembangkan dan pertanggung jawabkan kepada allah dengan hati nurani yang baik dan murni.

    Mari kita saling menghormati suku , agama, budaya, dalam pelbagai perbedaan dan dalam kepelbagaian ini, supaya kita semakin maju…maju karena kalau bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

    Hidup Indonesia, hidup pancasila….belajarlah di Iran sana yg saling dan saling menghormati amin

  25. Sejak zaman pl, ketika mereka dibuang kePersia dan ketika kembali ke Israel ada yang tertahan/ tertinggal disana sehingga menjadi komunitas yahudi Iran, malah mewakili komunitas yahudi iran ini di DPR, suatu contoh kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik bagi negara dan bangsa yl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *