Oktober 5, 2022

4 thoughts on “UNAS YANG JUJUR DAN YANG CURANG

  1. Ini cerita lain dari isteri saya…wakakak!! Sori aku tertawa duulu sebelum memaparkannya.

    Menurutnya, UN di Jakarta dicurangi habis-habisan ibarat Mike Tyson menghajar lawan-lawannya dengan KO.

    Kunci jawaban beredar bukan cuma sebiji. Arus informasi, yang begitu masif dan mudah, membuat kunci jawaban lintas sekolah, lintas guru, lintas dinas, lintas kepsek, seperti air bah. Benar-benar bejibun. “Oorang gilaaa!!” Pekikku.

    Kunci jawaban dipastikan benar. Benar bukan berarti 100%. Strateginya, yg penting bisa lulus. Kalau nilai rapor sudah didongkrak, nilai UN tinggal diatur. Hanthiiikkk…kayak remote control aja..!!

    Kata isteriku, ada siswa (maaf) gobloknya minta ampun. Karena merasa gak “goblok” itulah, ia berburu kunci jawaban. Saking mudahnya, akhirnya dia dapat kunci jawaban banyak sekali. “Dia dapat lima paket kunci jawaban,” kata isteriku.

    Memang setiap kunci diatur tidak sama. Sebagian lainnya sama. entah kenapa, siswa ini binngung sendiri. Mana yg akan dipakai. Saking binguungnya, dia nggak pake semua dan diisi ngawur…hahaha…!!

    setelah terbahak, saya jadi sedih. Sangat sedih. Beginikah kondisi pendidikan kita saat ini, bahkan ketika kita semua ingin bangkit dan menjadikan peradaban baru Indonesia.

    Tentu hanya para pecundang yang selalu mengutuki keadaan. Bangkit mengisi dan memperbaiki, memberi manfaat, dan merebut hak rakyat untuk cerdas dan jujur!! Nyalakan lilin di mana saja dan terangi semua ruang yang gelap. Saatnya bergerak!!

    Habe

  2. asisten rumah tangga saya baru bercerita kemarin, pagi2 sebelum uan (atau unas? saya bingung dengan istilah sekarang) guru smp nya mengumpulkan murid2 dan memberikan kunci jawaban. murid diminta tidak memberitahukan ke orang lain karena murid akan tidak lulus dan guru diberhentikan. jadi dua2nya rugi.

    kalau dari smp saja sudah diracun kayak gini, pantaslah generasi masa depan makin jauh dari yang namanya jujur

    wew

  3. setiap tahun kita bicarakan ini tapi perbaikannya belum juga datang. langkah apa yang mesti kita lakukan untuk mengatasi sulitnya menyadarkan banyak pihak tentang esensi kata pendidikan itu sendiri. kita belajar di sekolah dan bahkan dipimpin oleh orang-orang yang katanya faham tentang makna sejati pendidikan, nyatanya kita malah sibuk berjibaku dengan hal-hal yang berbau kebohongan, kebahagiaan yang semu, menguras pikiran dan tenaga hanya untuk hal-hal yang justeru menjadi musuh pendidikann yaitu “pembodohan”….

  4. sd rancaloa bandung, jalan cipamokolan bandung, muridnya bawa hp, pengawasnya dikongkalikongin,. pas ujian guru meng sms kunci jawaban, makanya anak-anak tukang maen, males, gblok super goblok, jagi bohong, tidak jujur …nemnya fantastiiiiik

    mari kita yang masih disayangi Tuhan , sama-sama berdoa memohonkan azab dunia dan kahirat bagi semua yang terlibat dalam kecurangan, sebab nilai ujian SD dan SMP dipakai buat bersaing masuk smp dan sma…….

    selamat bagi sekolah favorit, kalian diserbu para benih koruptor dan penjahat yang jagi tipu namun otaknya kosong, selamat kalian diserbu benih-benih ahli bohong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.