Mei 17, 2022

8 thoughts on “APAPUN KURIKULUMNYA, MUTU GURU KUNCINYA

  1. jangan cuma bicara diblog aja pak. kalau mau meningkatkan mutu pendidikan. actionnya mana …

    di loka karya , koq gak ngebahas fasilitas dan mutu pendidikan. cuma ngebahas duit duit duit duit terusssss.

    bisnis bisnis bisnis duit duit duit duit, emang gak ada matinye …

  2. semoga mimpi ini terwujud di stikom balkpapan..
    amin …….

    gak cuma mutu gurunya, itu harus didukung oleh banyak hal.. contohnya fasilitas, sarana dan prasarana…. jangan cuma guru ato dosen yang dijadikan kambing hitam, atas ketidakmutuan pendidikan kita….

  3. Saya seirama namun belum sepenuhnya sepakat dengan apa yang menjadi pemikiran anda bahwa guru adalah satu2nya. Menurut saya bahwa; Output sangat dipengaruhi oleh 3 componen utama yaitu Guru, Sarana/Prasarana dan Kurikulum.Mengacu pada penilaian World Bank 2005, posisi pendidikan kita pada urutan 60 jauh dibawah Malaysia yang menempati pada urutan 28. Menur saya terpuruknya pendidikan kita sangat dipengaruhi oleh “invisible dicotomy” antara sekolah negeri dan swasta yang secara faktual sarpras sekolah swasta banyak yang masih dibawah “minimum requirement” yang diperparah oleh input siswa2 sekolah swasta yang secara akademik juga lebih rendah. Untuk itu diusulkan kepada anda yang sudah punya kendaraan untuk mendobrak birokrasi dan wakil rakyat untuk mau melihat masalah ini. Terima kasih, Bambang SOETOMO

  4. Pak Satria Yth.,

    Menarik sekali pencerahan dari tulisan2 anda mengenai kondisi pendidikan di Indonesia.

    Saya ingin bertanya, apakah bapak pernah menulis tentang fenomena menjamurnya Sekolah Nasional Plus atau sekolah yang mendapat akreditasi ‘Internasional’ dari depdiknas di Jakarta & sekitarnya dan Apa hubungan fenomena ini dengan UU BHP 2009 yang kontroversial? Kalau pernah, boleh saya minta link alamatnya?

    Terima Kasih,
    Rolan

  5. Bingung………selalu ada pro dan kontra…….jika ada orang yang mau
    peduli dan mengemukakan pendapat/ opini selalu saja ada yang pro dan
    kontra……..gimana negara kita akan maju ya ? ato emang itu ciri-ciri
    bangsa yang sedang / akan menuju kemajauan ??? tapi sejujurnya saya senang
    jika ada orang seperti bpk Satria Darma ini……lanjutkan pak…bravo

  6. Whatever you write I like it because it’s really inspiring and showing your concern to the education. Go ahead Sir, I am your admirer.

  7. “Guru Product” siapa?
    Perguruan Tinggi bukan?

    Kalau kita ingin meningkatkan mutu guru, harus diawali dengan pemenuhan dan peningkatan mutu perguruan tinggi yang mencetaknya. Setelah itu baru benahi SDM guru dengan Workshop, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.