Sabtu, 20 Oktober 2018
Just another WordPress site
WISATA SAHASATA: TEMANGGUNG YANG BERSIH DAN DAMAI

Kami memilih kota tujuan Wisata Satu Hari Satu Kota kami secara acak saja. Setelah dari satu kota kami lalu memilih kota berikutnya dengan melihat peta saja. Setelah dari Kebumen kami lalu buka peta Jawa Tengah dan berunding mau ke mana lagi setelahnya. Sebisanya kami pilih kota yang belum pernah kami datangi sebelumnya (atau belum pernah didatangi istri saya). Temanggung adalah pilihan kami kali ini.

Temanggung terletak di Jawa Tengah bagian tengah. Ia berbatasan dengan Kabupaten Kendal di utara (yang minggu sebelumnya kami kunjungi), Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Magelang di selatan, serta Kabupaten Wonosobo di barat. Kami menyewa Grab yang kami pakai tur di Kebumen untuk mengantarkan kami dengan biaya Rp. 600.000, sampai Temanggung. Di Temanggung kami menginap di Hotel Aliyana Resort, sebuah hotel kecil baru yang sangat bagus penataan interiornya. Kami sangat menikmatinya. Sayang sekali kamarnya terlalu kecil. Apalagi sebelumnya kami dapat kamar hotel yang besar di Grand Metro Kebumen.

Meski kami sampai sudah malam tapi kami sempatkan juga jalan-jalan ke alun-alun cukup dengan jalan kaki. Suasana kota Temanggung sungguh tenang dan damai serta kotanya tertata rapi dan bersih. A lovely city….! 👍😊

Kami sempatkan untuk menikmati menu khas Temanggung, yaitu Nasi Godog. Saya yakin Anda belum pernah mencobanya atau mungkin baru dengar sekali ini. 😄 Rasanya enak dan harganya murah. Cuma sepuluh ribu sepiring.

Esok paginya kami kembali jalan-jalan ke alun-alun sekedar untuk ambil beberapa foto dan setelah itu lanjut ke pasar. Pasar tradisional itu selalu menarik bagi kami karena di sanalah denyut jantung perekonomian rakyat. Biasanya kami selalu menyempatkan diri untuk beli kue-kue tradisional atau khas daerah tersebut.

Kembali dari pasar kami langsung sarapan di hotel dan mempersiapkan diri untuk berwisata ke dua lokasi favorit di Temanggung, yaitu Embung Kledung dan Dataran tinggi Posong.

EMBUNG KLEDUNG

Embung Kledung, yang artinya water catchment yang berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, punya ukuran seluas 83 meter x 83 meter. Ini adalah embung buatan yang dibuat pada tahun 2010 sebagai persedian air di kala kekeringan. Embung yang berada di atas lahan bekas perkebunan tembakau seluas empat hektare ini dibangun dengan menggunakan dana hasil cukai tembakau. Sekedar info, Temanggung itu terkenal sebagai Kota Tembakau dan kini mulai dengan kopi.
Untuk mencapai Embung Kledung pun tidak terlalu susah. Kita cukup mengambil rute menuju Parakan. Dari Parakan kita bisa langsung menuju Desa Kledung. Daerah ini dilalui jalan propinsi dengan jalur Semarang-Temanggung-Wonosobo-Purwokerto atau Jogjakarta-Magelang-Temanggung-Wonosobo-Purwokerto. Jalan ini merupakan jalan utama menuju tempat wisata yang sudah mendunia yaitu Dieng.

Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Embung ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh obyek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan. Sayang sekali jalan menuju tempat ini sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil dan tidak bisa berpapasan. Katanya kalau lagi musim liburan jalan ini bisa macet sampai dua jam karena tidak bisa berpapasan. Untung kami datang di kala sepi. 😊

WISATA ALAM POSONG

Setelah puas berfoto-foto di Embung Kledung kami lalu turun dan melanjutkan wisata kami ke Posong. Posong merupakan kawasan wisata baru di Kabupaten Temanggung, letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Posong memiliki pemandangan super indah di kaki Gunung Sindoro.

Gunung Sumbing dan Sindoro adalah dua gunung yang terletak di Kabupaten Temanggung. Gunung ini memiliki ketinggian masing-masing 3.371 Mdpl dan 3.150 Mdpl.

Jika Dieng di Wonosobo memiliki wisata Bukit Sikunir, Magelang memiliki Gunung Andong, maka Temanggung memiliki tujuan wisata menarik yaitu Posong. Transportasi menuju Posong lebih mudah dan pemandangannya juga jauh lebih indah ketimbang di Embung Kledung.

Sekian dulu. Setelah ini kami akan menuju ke Kabupaten Blora. 🙏😊

Temanggung, 2 Oktober 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *