Selasa, 23 Juli 2019
Just another WordPress site
TANTANGAN MEMBACA 1000 HALAMAN

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan jika Anda ditantang utk membaca buku sebanyak 1000 halaman? Saat ini saya sedang membuat program”1,000-Page Reading Challenge” atau “Tantangan Membaca 1000 Halaman” yang akan saya tawarkan pada guru dan siswa di SMAN 5 Surabaya. Siswa SMAN 5 menerimanya dengan gembira dan antusias meski belum jelas kapan program ini akan dimulai. Tapi mereka saya beri batas akhir menyelesaikan membaca buku sebanyak 1.000 halaman pada bulan Nopember 2017 dan mereka sepakat. Kami juga sepakat bahwa mereka harus membuat sebuah rekor dan sekaligus sebagai pionir dalam program ini.  Jika mereka berhasil melakukan program ini maka SMAN 5 Surabaya akan menjadi sekolah pertama di Indonesia yang membuat rekor dan sekaligus diharapkan akan menjadi tradisi nantinya.
Tapi karena saya yang punya ide maka sebelumnya saya mesti menantang diri saya lebih dulu agar saya bisa menyampaikan bahwa membaca 1000 halaman itu sebenarnya bukan sesuatu yang berat jika kita memang telah terbiasa membaca setiap hari. Hal ini sekalian untuk melaksanakan program “Tahun Membaca Indonesia 2017” bersama dengan teman-teman yang ingin ikut dalam program pembiasaan membaca secara rutin ini. Alhamdulillah, hari ini saya telah menyelesaikan tantangan ini bagi diri saya sendiri dengan membaca 1000 halaman dan bahkan telah menyelesaikan buku ke empat yang saya baca pada Tahun Membaca Indonesia 2017.

Buku “50 Gagasan Luar Biasa yang Mengubah Dunia” yang ditulis oleh John Farndon dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama adalah buku keempat yang telah saya baca.

Apa gagasan luar biasa yang telah membuat perubahan besar di dunia selama ini? Uang..?! Netnot… try again!
Dunia selama ini ternyata dibentuk oleh gagasan-gagasan luar biasa dan membawa kita pada semua hal yang kita alami selama ini. Buku yang sangat menarik ini menjelaskan bagaimana dunia kita dibentuk dan diubah oleh gagasan-gagasan seperti : Angka Nol, Musik, Roda, Anggur, Perkawinan, Kapitalisme, Menulis, dan bahkan Asmara. Buku setebal 383 halaman ini sangat menarik dan kaya akan informasi. Seandainya saya mendapatkannya lagi (rasanya saya membelinya di Gramedia Obral) saya akan beli banyak utk saya bagi-bagikan pada guru dan siswa yang suka membaca.

Baca juga:  DEKLARASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI KABUPATEN MADIUN

Gagasan itu penting. Ia memberikan pilihan agar kehidupan menjadi lebih baik (tapi bisa juga menjadi lebih buruk). Gagasan seperti api, logam, internet secara luar biasa telah mengubah hidup kita secara revolusioner. Bahkan ‘Monoteisme’ dianggap sebagai sebuah gagasan luar biasa karena lebih dari 3,5 milyar manusia adalah pemeluk tiga agama besar Abrahamik, yang pada dasarnya adalah monoteisme. Agama Abrahamik adalah Yudaisme (Yahudi) 14 juta, Kristianitas 2 milyar orang dan Islam sekitar 1,5 milyar. Selain tiga agama Ibrahim ini ada juga Hindu 950 juta dan Sikh 23,8 juta. Jadi hampir 75% manusia di dunia ini sebenarnya adalah monoteistik alias mengaku bertuhan satu. Istilah ‘monoteisme’ sendiri diciptakan oleh Henry Moore pada 1660.

Ironisnya, meski sebagian besar manusia mengakui adanya tuhan yang satu tapi mereka suka sekali bertengkar satu sama lain utk memperebutkan tuhan siapa yang unggul. Mereka bahkan berperang dan saling bunuh demi mempertahankan pendapat bahwa tuhan merekalah satu-satunya yang berhak utk disembah.

Bagaimana cara Farndon menyusun peringkat 50 gagasan yang paling luar biasa dari begitu banyak gagasan yg disampaikan oleh manusia (mau pun alam)? Pertama, ia mengumpulkan berbagai informasi tentang gagasan-gagasan yang mempengaruhi dunia dan kehidupan. Seluruh gagasan ini dikumpulkan berdasarkan jajak pendapat dari sejumlah ahli dan masing-masing memiliki alasan tersendiri utk pilihan yang diberikan. Setelah panel ahli dan Farndon selesai menyusun daftar mereka membuat website dan mengundang orang-orang utk mengunjungi website tersebut agar dapat memilih ide mana yang patut dianggap sebagai yg terbesar. Setelah itu ia mengundang beberapa ilmuwan terkemuka untuk menjadi juri dari peringkat 50 gagasan luar biasa ini. Beberapa di antara mereka adalah : John Sutterland (professor emeritus di Lord Northcliffe di UCL, mantan Ketua juri Man-Booker Fiction Prize), Maryanne Wolf (Direktur Centre of Reading and Language Research di TUFTS University di AS), Chris Horrocks (penulis dan dosen kepala Sejarah Kesenian di Kingston University Inggris), Steve Fuller (professor sosiologi di Warwick Inggris, Ziauddin Sardar (‘polimat Muslim milik Inggris’ menurut majalah Independent), dll. Mereka semua adalah ilmuwan dan sekaligus penulis buku-buku terkenal. Tidak heran jika buku ini selain informatif juga sekaligus dalam dan luas pembahasannya.

Baca juga:  Gerakan Sinjai Cerdas

Apa gagasan yang paling luar biasa menurut buku ini dan gagasan apa yang menduduki peringkat tertinggi ?

Ternyata ‘Menulis’ adalah adalah gagasan terbesar kedua sedangkan peringkat pertama diraih oleh Internet…!

Mengapa penemuan penulisan menjadi sangat penting? Karena ia merupakan bendungan terpenting dalam sejarah manusia. Penulisan memungkinkan terjadinya sejarah. Yang membedakan era sejarah dan prasejarah adalah tulisan utk merekam cerita. Dalam era prasejarah tidak ada tulisan sedangkan dalam era sejarah ada. Itu yg membedakan keduanya. Gagasan menulislah yang mengubah dunia. Menulis sekarang menjadi bagian integral dalam kehidupan kita. Entah sekedar mengirim SMS, menulis resep masakan, atau menghasilkan karya sastra yang diterbitkan sebanyak 150 juta kopi dan diterbitkan dalam lebih dari 72 bahasa seperti novel “Alchemist”nya Paulo Coelho.

Nah, apakah Anda bersedia utk mengikuti “1,000-Page Reading Challenge” dengan menantang diri Anda utk membaca sebanyak 1.000 halaman di tahun 2017 ini? Percayalah, jika Anda mulai membaca buku-buku yang menarik setiap hari secara rutin maka tanpa Anda sadari 1.000 halaman akan terlampau dalam waktu yang tidak terlalu lama. Beritahu dunia jika Anda sudah melewatinya.

 

Semarang, 21 Januari 2017

Salam
Satria Dharma
https://satriadharma.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *