Rabu, 24 September 2020
Just another WordPress site
MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI KEPULAUAN SELAYAR

Kemarin saya melakukan presentasi paling sore selama ini. Biasanya saya presentasi tentang literasi paling lambat berakhir jam 13:30 karena harus berhenti utk sholat lohor. Tapi kemarin saya baru selesai presentasi pada jam 17:30 menjelang Maghrib. Soalnya acara memang baru dimulai jam 13:00 dengan tiga pembicara yg memang suka bicara semua dan saya diletakkan pada sesi terakhir. 😀

Sebelum saya ada Ketua Umum IGI, M. Ramli Rahim yang bicara ttg IGI dan program-programnya dan sesudahnya ada Dr. Rusdi, Kepala P3TK Sulsel, yang bicara tentang berbagai isu yg berhubungan dg profesi guru. Sebelum itu ada sambutan-sambutan, doa, pembacaan ayat suci, dan pelantikan pengurus IGI Kab. Kepulauan Selayar.

Jadi acara memang padat dan panitia tidak menetapkan waktu utk masing-masing acara dan pembicara sehingga ya terserah pembicara kapan mau berhenti. 😀

Kabupaten Kepulauan Selayar adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kotanya adalah Kota Benteng. Kabupaten ini memiliki luas sebesar 10.503,69 km² (wilayah daratan dan lautan) dan berpenduduk sebanyak 123.283 jiwa. Kabupaten Kepulauan Selayar terdiri dari 2 sub area wilayah pemerintahan yaitu wilayah daratan yang meliputi kecamatan Benteng, dan Bontosikuyu serta wilayah kepulauan yang meliputi beberapa kecamatan. Jadi Pulau Selayar yg merupakan pulau terpisah dari Pulau Sulawesi ini punya banyak pulau-pulau kecil di dalam wilayahnya. Sayang sekali bahwa saya tidak sempat mengeksplorasinya. Untuk menuju kabupaten ini ada Wings Air yg terbang ke Bandara Aroeppala sekali setiap hari. Selain pesawat ada ferry juga yg perjalanannya cukup jauh.

Dari presentasi kemarin saya menemukan bahwa tampaknya belum ada sekolah yg sudah melaksanakan program Gerakan Literasi Sekolah. Kepala Dinas Pendidikannya sendiri tidak hadir sehingga saya sulit mencari informasi mengapa kabupaten ini sangat tertinggal dalam soal program literasi.

Baca juga:  AHOK BUKAN SYIAH

Meski demikian semua peserta sangat terkesan dengan program ini dan berharap bisa melaksanakannya, minimal bagi diri sendiri dan keluarga. Jika utk sekolah maka itu sangat bergantung pada para kepala sekolah. Kebetulan yg hadir pada presentasi saya kali ini adalah para guru anggota IGI saja.Mungkin dibutuhkan sebuah komitmen dari kepala daerahnya untuk mulai membangun budaya literasi di kabupaten ini.

Kabupaten Kepulauan Selayar adalah sebuah daerah yang sedang menggeliat dan tampaknya akan bangkit cepat mengingat kabupaten ini sudah punya bandara meski kecil dengan penerbangan rutin ke Makassar sekali sehari. Semoga saya ada kesempatan lagi utk memberikan presentasi utk membangun budaya literasi masyarakat, khususnya siswa, di sini suatu saat. Amin!

Salam

Satria Dharma
https://satriadharma.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *