Sabtu, 23 Februari 2020
Just another WordPress site
SAFARI LITERASI 1330 KM

Safari Literasi saya kali ini adalah di tiga kota dalam tiga hari, Wonosobo, Grobogan, dan Tulungagung. Yang mengundang berbeda. Kalau di Wonosobo yang mengundang adalah SMAN 1 Wonosobo dengan audiens para guru, siswa, orang tua, dan guru dari sekolah imbas. SMAN 1 Wonosobo adalah Sekolah Rujukan Nasional yg perlu mengimbaskan praktik baiknya pada beberapa sekolah lain di Wonosobo.

Di Grobogan yg mengundang adalah Dinas Perpustakaan Daerah. Mereka rupanya sangat ingin memiliki sebuah program literasi yg benar-benar mampu membuat masyarakat Kab. Grobogan memiliki budaya baca.

Di Tulungagung saya diundang oleh IAIN Tulungagung dan acaranya adalah bedah buku saya “Iqra: Rahasia di Balik Perintah Membaca 14 Abad yg Lalu”. Jadi audiensnya adalah dosen dan mahasiswa. Semua ini membuat saya bergairah dan tidak peduli berapa jarak dan waktu yg harus saya tempuh.

Untuk ke Wonosobo saya harus lewat Jogya dulu. Jarak dari Surabaya ke Jogya adalah 330 kilo dan ditempuh dalam 8 jam lebih jika jalan darat (tapi saya naik Wings yg kecil itu dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit). Dari sini saya sdh dijemput oleh Ibu Yosephine Maryati, guru SMAN 1 Wonosobo yg mengundang saya. Jarak dari Jogya ke Wonosobo adalah 120 km dan biasanya ditempuh dalam 3,5 jam. Tapi kemarin saya baru sampai di Hotel Surya Asia menjelang Isya. Di situ sdh ada Pak Sabar, Kasek SMAN 1 Wonosobo dan Mas Iqbal Dawami, partner tandem saya presentasi.

Jarak dari Wonosobo ke Grobogan adalah 170 km dan ditempuh selama 5 jam lewat jl Raya Purwodadi -Solo atau 194 km kalau lewat Jl. Demak – Purwodadi.

Dari Grobogan ke Surabaya jaraknya 245 km dan ditempuh selama 6,5 jam. Tapi saya putuskan akan naik pesawat dari Semarang. Jadi dari Grobogan saya harus ke Semarang dulu. Jarak Grobogan ke Semarang adalah 66 km dan ditempuh dalam hampir 2 jam. Jarak dari Semarang ke Surabaya adalah km 310 km. Dari Surabaya ke Tulungagung adalah 167 km. Jadi pp adalah 334 km.

Baca juga:  KAMPANYE GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Jadi kalau dihitung-hitung jarak yang akan saya tempuh utk safari literasi selama empat hari nanti adalah sekitar 1330 km, belum termasuk local trip.

Bagaimana rasanya menempuh 1330 km dalam empat hari? I will let you know when I finish the trip. 😃 Tapi yang jelas saya sangat bersemangat.

Wonosobo, 17 Oktober 2016

Salam

Satria Dharma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *