Selasa, 18 September 2019
Just another WordPress site
SUKSES TANPA SEKOLAH

“Bisakah jadi mahasiswa UI jurusan Ekonomi tanpa pernah bersekolah sama sekali baik di SD, SMP, atau pun SMA?”

“Bisa…!”

“Lho, emangnya gak ikut seleksi atau tes masuk?”

“Ya ikutlah…!”

Ternyata anak kita bisa masuk ke PTN dan jurusan top macam Ekonomi UI meski pun anak kita tidak pernah bersekolah baik di SD, SMP, atau pun SMA…! Yang penting anak kita ikut tes masuknya dan diterima. Bagaimana caranya? Ya homeschooling alias belajar mandiri.

Buku yang luar biasa ini menceritakan bagaimana Yudhis yang meski sama sekali tidak pernah ikut sekolah formal tapi mampu menjadi Pembelajar Mandiri. Saya sampai terhenyak saking terpikatnya membaca pengalaman Yudhis belajar mandiri sejak kecil dan konsisten dengan pilihannya untuk tidak belajar di sekolah.

Lalau bagaimana cara Yudhis belajar? Jelas dengan cara yang jauh lebih menarik ketimbang duduk tenang mendengarkan guru menjelaskan materi yang dipilihkan untuknya. Yudhis bisa memilih sendiri materi yang ingin dipelajarinya dan bagaimana cara ia akan mempelajarinya. Belanja ke pasar bahkan menjadi salah satu contoh belajar lewat keseharian yang ia lakukan. Yudhis belajar melalui dunia nyata dan keseharian hidupnya. Ia belajar dengan mengintegrasikan sikap, pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan dalam kehidupan sehari-harinya. Yudhis akhirnya tumbuh menjadi anak yang terus belajar tanpa merasa bosan dengan apa yang ia pelajari dalam hidup kesehariannya.

Terus terang saya sangat salut kepada Aar Sumardiono dan Lala Mira Julia yang begitu berani membiarkan Yudhis anaknya, tepatnya memberi kesempatan pada Yudhis untuk memilih, menempuh kehidupan yang out of the box tanpa kehilangan visi dalam mendidiknya. Apa yang mereka tempuh dalam proses mendidik anaknya memang BERBEDA dan mereka sangat menyadarinya sejak awal. Bagi mereka berbeda itu bukan berarti salah. Selama visi, misi, dan tujuan yang akan dicapai dalam pendidikan tercapai maka tidak menempun dunia persekolah bukanlah masalah. Bukankah tujuan besar pendidikan adalah menyiapkan anak untuk menjadi pembelajar mandiri yang tidak akan pernah berhenti belajar selama hidupnya? Seperti kata Alvin Toffler, “The illiterarte of the 21st century will not be those who cannot read and writem but those who cannot learn, unlearn, and relearn.”

Baca juga:  KISAH SOLEMAN

Jika Anda orang tua yang masih memiliki anak berusia sekolah saya anjurkan Anda untuk membaca buku yang sangat menarik ini. Buku ini akan mencerahkan Anda dan sekaligus membuat Anda tergerak untuk kembali bersemangat mendidik anak-anak Anda, baik anak Anda yang bersekolah atau yang ikut homeschooling seperti Yudhis ini. Anda juga bisa mempelajari bagaimana Yudhis melakoni perannya sebagai Pembelajar Mandiri di websitenya DuniaYudhis.com

Selamat membuka mata… J

Surabaya, 18 Agustus 2019

Salam

Satria Dharma
https://satriadharma.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *