Senin, 22 Juli 2019
Just another WordPress site
AIS DAN TUGAS BIKIN ‘MAKALAH’NYA

Aisyah terima raport pagi ini. Kebetulan kami sibuk mempersiapkan acara halal bihalal yang kami adakan di rumah sehingga tugas kami delegasikan ke Tara. Justru Tara yang antusias dan menawarkan diri mewakili kami untuk mengambilkan raport Ais. J Syukurlah Tara sudah bisa mewakili kami untuk hal-hal semacam ini.

Alhamdulillah Ais naik ke kelas 9 (lha iyalah…! Sekarang hanya kasus sangat serius yang bisa membuat siswa tidak naik kelas). Ais naik dengan nilai semua di atas KKM meski tidak istimewa (Tentu saja. Hanya siswa yang sangat menjengkelkan atau sangat geblek yang nilainya dibikin pas dengan KKM). Tapi Ais tetaplah istimewa di mata kami bagaimana pun nilai raportnya. Setelah ini Ais libur semester. Liburnya lumayan lama sampai pertengahan Juli nanti. Itu artinya dia akan punya cukup banyak waktu untuk pulkam ke Sidrap sebelum balik lagi ke Surabaya nanti. Kami sudah bicarakan soal mengantarnya sampai Makassar dan nanti keluarganya dari Sidrap yang akan kami minta untuk menjemput di bandara atau hotel tempat kami menginap. Kami juga rencanakan untuk sehari dua hari berada di Makassar mengunjungi keluarga kami di sana. Membayangkan diri kami berada di Makassar dan menikmati ikan bakar rica-rica di resto dekat pantai membuat kami rasanya pingin segera berangkat saja. Makassar itu sorganya Bale Tunu (consult your dictionary), selain terkenal karena Coto, Sop Saudara, Pisang Epek, Pisang Ijo, dan Jagung Pulutnya. Tapi masih ada beberapa keperluan yang perlu kami selesaikan sebelum ke Makassar.

Selain raport juga ada surat edaran dari sekolah tentang kapan libur dan masuk, apa tugas siswa, dll. Selain itu ada juga pemberitahuan tentang kewajiban siswa kelas 8 dan 9 baru untuk membuat karya cerita pendek selama liburan. Bagus juga sekolah di Surabaya ini. Surabaya memang selalu terdepan dalam soal literasi atau Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini. Sekarang siswa dapat tugas untuk membuat cerpen selama liburan. Saya ingat dulu kami juga dapat tugas yang sama untuk membuat sebuah karangan. Ya, namanya dulu memang ‘karangan’. Istilah cerpen itu kan baru-baru saja. Dulu topik atau judul karangan yang kami tulis hampir tidak pernah berubah, yaitu: “Berlibur ke rumah Nenek.” Bagi yang tidak berlibur atau tidak punya nenek ya silakan berkhayal atau cari neneknya siapa kek gitu untuk ditulis kisahnya.

Baca juga:  CATATAN HARIAN KEPALA SEKOLAH

Tetapi ketika saya lihat apa tema yang harus dipilih oleh siswa sekolahnya Ais saya jadi kaget. Gak salah tah temanya ini? Temanya adalah :

1. Bagaimana mencintai budaya lokal

2. Bijak menyikapi penggunaan media sosial

3. Pentingnya literasi menulis bagi generasi milenial.

Sik talah…! Ini sebenarnya siswa SMP diminta untuk membuat sebuah cerita pendek atau diminta untuk bikin makalah ilmiah sih? J Temanya itu kok gak banget deh untuk anak SMP. Kok koyok judul makalah bagi gurunya aja… J Mengapa bukan topik-topik yang sesuai dengan usia dan lingkungan kehidupan mereka sehari-hari saja. Saya punya beberapa topik yang lebih sesuai kalau ingin membuat anak bersemangat untuk menulis.

Beberapa topik yang mungkin menarik untuk ditulis :

• CITA-CITAKU

• JIKA AKU MENJADI BUPATI/MENTERI….

• SEKOLAHKU TERCINTA

• AYAHKU IDOLAKU

• GURU FAVORIT KAMI

• TEMAN BAIKKU

• KAMPUNGKU YANG ASYIK

• JIKA AKU KAYA KELAK…

• KOTA YANG KUINGINKAN

• MENGAPA AKU MEMILIH SEKOLAHKU INI

• 3 HAL YANG INGIN KULAKUKAN DALAM HIDUPKU NANTI

• BULLYING DI SEKOLAH

• PENGALAMAN BERLIBUR DI …

• SURABAYA DI MASA DEPAN

• KEJUTAN YANG MENYENANGKAN

• AKU INGIN KELILING DUNIA

• PENGALAMAN PERTAMA KE JAKARTA

• SEANDAINYA AKU…

• MIMPIKU YANG MENAKUTKAN

• KISAH LUCU DI …

• KEJADIAN YANG TAK TERLUPAKAN

• MENGAPA AKU INGIN MENJADI…

• TEMAN MEDIA SOSIALKU

• AKU INGIN KELAS SEPERTI INI…

• RUMAHKU YANG NYAMAN

• AKU DAN OLAHRAGA KESUKAANKU

• HARI ULANG TAHUN DAN HADIAHKU

• MUDIK YANG MENYENANGKAN

• PENGALAMAN DI BANDARA BARU

• Dll

Anda punya ide topik lainnya yang menarik bagi siswa SD/SMP…?!

Baca juga:  Guilin Tour (bagian 1) : Mencari Injakan Gadis Miao

Surabaya, 22 Juni 2019

Salam

Satria Dharma
https://satriadharma.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *