Rabu, 24 September 2020
Just another WordPress site
MENUMBUHKAN KEGEMARAN DAN MEMBANGUN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK

Mengapa kita perlu BENAR-BENAR menumbuhkan kegemaran membaca anak dan BENAR-BENAR membangun kemampuan membaca anak sampai tahapan tertentu?

Karena kegemaran dan kemampuan membaca adalah modal utama bagi setiap orang untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Di masa kini dan mendatang kemampuan untuk mampu belajar hal-hal baru adalah persyaratan utama untuk bisa unggul bersaing dan bekerjasama dengan masyarakat dunia lain.

Menumbuhkan KEGEMARAN membaca anak seharusnya dimulai dari rumah. Oleh sebab itu peran orang tua dan keluarga sangatlah besar. Tapi jika keluarga tidak mampu menumbuhkannya karena berbagai alasan maka sekolah HARUS bisa karena sekolah itu dibangun dan didirikan untuk kepentingan belajar anak bangsa.

Membangun KEMAMPUAN membaca sampai tingkat tinggi adalah tugas guru dan sekolah karena merekalah yang mendapatkan tugas untuk mendidik siswa sampai mencapai tingkat kompetensi yang tercantum dalam kurikulum. Oleh sebab itu pemerintah perlu BENAR-BENAR melatih para guru agar mampu mendidik siswa dalam membangun kemampuan membaca mereka hingga high level atau high order thinking.

Mari kita siapkan anak-anak kita mulai sejak dini. Bacakanlah para balita cerita-cerita dari buku setiap hari. Saat ini di negara maju mereka telah memiliki program “Membacakan 1000 Buku pada Anak Sebelum Masuk TK” (1000 Books Before Kindergarten). Sila baca 1000 buku sebelum bersekolah. Kita juga bisa lakukan hal yang sama…!

NB : Saat ini kita melihat betapa mudahnya masyarakat termakan oleh hoax-hoax yang benar-benar tidak masuk akal. Mereka juga dengan mudahnya menyebarkan berita-berita yang sebenarnya secara kasat mata adalah tidak benar hanya karena mereka tidak mau dan tidak mampu menggunakan kemampuan membaca mereka yang lebih tinggi. Banjir informasi sampah adalah masalah nyata yang hanya bisa dihadapi dengan kemampuan membaca dan menyaring informasi yang tinggi.

Baca juga:  Rukyat atau Hisab...?!

Surabaya, 13 Mei 2016

Salam

Satria Dharma
https://satriadharma.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *