Selasa, 25 Februari 2020
Just another WordPress site
KATANYA BUDAYA BACA HARUS KITA TUMBUHKAN…

Ya. Tapi bagaimana…?!

Saya punya resep sederhana, yaitu dari diri sendiri dan mulai sekarang. Mari kita tetapkan kewajiban utk membaca setiap hari. Tak perlu lama Yang penting konsisten (istiqamah). Kalau kita hanya punya waktu 10 menit utk membaca setiap pagi maka lakukan itu. Kalau tidak bisa pagi lakukan sore hari atau malam hari sebelum tidur. Tetapkan membaca sebagai rutinitas.

Apa yg hendak dicapai dengan membaca hanya 10 menit sehari? Kesenangan. Cari kesenangan dalam membaca. Membaca adalah salah satu bentuk rekreasi. Jika membaca komik membuat Anda gembira, lakukan. Anda suka komik Avatar? Habiskan serinya. Jika membaca buku agama membuat Anda terhibur, bacalah. Cerpen selalu menarik utk dibaca. Kisah petualangan juga membuat kita selalu ingin ikut bertualang. Membaca memang bisa memotivas dan menginspirasi kita.

Upayakan utk membaca buku, bukan sekedar koran atau majalah. Buat target utk menyelesaikan membaca buku tersebut. Mungkin dua minggu mungkin sebulan. Bawalah buku itu ke mana-mana agar Anda bisa membacanya ketika sedang tidak ada pekerjaan. Ingat, membaca adalah rekreasi. Jadi Anda berekreasi ketika sedang tidak ada pekerjaan. Ngobrol dengan teman memang asyik. Tapi membaca juga tidak kalah mengasyikkannya. Banyak anak-anak yg rela tidak makan dan tidak tidur berhari-hari demi menghabiskan seri Harry Potter terbaru.

Jika Anda bisa melakukan rutinitas dalam membaca dan mendapatkan kesenangan darinya dalam sebulan, maka itu sungguh luar biasa. Anda sudah membentuk sebuah kebiasaan yg sangat baik. Rayakan dengan membeli buku baru dan lanjutkan kebiasaan baru tersebut.

Anda juga sudah bisa mengajak orang lain utk ikut membaca secara rutin juga. Anda sudah layak utk mengajak orang lain mengerjakan hal yg sama. Orang pertama yg layak utk Anda ajak membaca juga mungkin keluarga Anda dulu. Setelah itu baru ke lingkungan terdekat lain.

Baca juga:  PENASARAN

Apakah kira-kira Anda bisa melakukan hal tersebut…?! Tentu saja…!
Saya menunggu kisah Anda.

4 Oktober 2015
Salam

Satria Dharma
https://satriadharma.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *