Selasa, 25 Februari 2020
Just another WordPress site
SEDEKAH YG LUAR BIASA

Pernahkah Anda bersedekah makanan pada orang yg lapar? Memberi makan pada orang yg sedang lapar itu pahalanya luar biasa. Memberi sesuatu pada orang yg sedang membutuhkan sangat tinggi nilainya. Saya selalu mencari-cari kesempatan memberi makan pada orang yg lapar yg bisa saya temui.
Tapi tahukah Anda apa sedekah yg tidak kalah hebat nilainya dengan memberi makan orang yg lapar? Dari segi investasi bahkan bisa jauh lebih tinggi nilainya ketimbang memberi makan orang yg lapar. Jika Anda memberi makan pada orang lapar hari ini maka besok ia akan lapar lagi. Tapi sedekah yang satu ini tidak akan habis-habis dan bisa digunakan terus menerus dan bahkan bisa disebarluaskan ke yang lain. Sedekah apakah itu gerangan? Yaitu sedekah buku bacaan…!

Sedekah buku bacaan bermutu pada anak-anak adalah investasi yg luar biasa. Bayangkan besarnya pengaruh yg akan diperoleh oleh seorang anak dari sebuah buku yg menarik dan bermutu. Kita akan menumbuhkan minatnya utk terus membaca yg sangat penting bagi masa depannya. Membaca adalah dasar bagi proses belajar apa pun. Kemampuan membaca yg tinggi akan membawanya pada kesuksesannya di masa depan. ‘Reading is the heart of education’ kata Farr. ‘Membaca merupakan salah satu fungsi yg paling penting dalam hidup. Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca.’ kata Glenn Doman. Membaca adalah Perintah Tuhan yg Pertama dan Paling Utama (First Commandment).

Dengan memberi seorang anak buku yg menarik dan bermutu kita akan menumbuhkan imajinasinya. “Imagination is more powerful than knowledge” kata Einstein. Buku itu akan mempesonanya dan akan mengajak imajinasinya terbang ke angkasa. Buku itu akan mengajaknya ke dunia yg indah yg tidak pernah ia bayangkan sebelumnya!

Baca juga:  TANYA JAWAB TENTANG UJIAN NASIONAL

Apa kehebatan sebuah buku?
Buku bacaan yg menarik dan bermutu akan membuat anak ingin membaca lagi dan lagi… Jika ia lapar maka ia bisa melahap buku itu lagi kapan saja ia mau. Buku itu juga bisa dipinjamkan atau dibaca oleh siapa saja yg ia mau pinjam. Buku bisa dibaca seratus kali oleh seratus orang berbeda tanpa kehilangan satu hurup pun…!

Bayangkan jika kita membelikan kado hadiah ulang tahun seorang anak sebuah buku bacaan yg menarik dan bermutu tinggi. Buku itu penuh dengan ilustrasi dan gambar yang berwarna-warni. Kertasnya tebal dan mewah menggunakan hardcover. Alangkah senang anak yg menerimanya! Mungkin buku itu akan menjadi hadiah paling indah yg pernah ia terima dalam hidupnya. Buku itu mungkin akan membuatnya tergila-gila utk membaca dan membaca sepanjang hidupnya.

Buku itu akan menjadi sedekah yg luar biasa…! Saya pikir saya akan lebih sering bersedekah buku bagi anak-anak di masa depan.

Surabaya, 6 Juli 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *