Minggu, 27 September 2020
Just another WordPress site
SMALA’S READING CHALLENGE 2014

Dear all,

Pagi ini saya bangun dengan sangat bergairah dan penuh semangat.¬†ūüôā

Kemarin saya melakukan kegiatan kampanye literasi di dua tempat, SMAN 5 Surabaya dan bertemu dengan Bu Dwi Handayani, Kajur sastra Indonesia Unair.

Di SMAN 5 saya mengadakan presentasi tentang¬†“Urgensi Budaya Literasi dan Program Peningkatan Mutu Sekolah melalui Literasi”¬†pada guru-guru. Kebetulan pagi itu ada rapat guru bersama kasek untuk evaluasi program sekolah mereka. Dan saya minta waktu untuk berpresentasi. Kebetulan program literasi telah disetujui untuk menjadi program unggulan SMAN 5 Surabaya. Tentu ini juga tak terlepas dengan apa yang telah digagas oleh SMAN 5 selama setahun ini. Program ini bahkan telah mengantarkan Bu Widiati, Kasek SMAN 5 Surabaya, sebagai¬†Kasek Berprestasi Terbaik¬†untuk tingkat Kodya Surabaya.

Setelah presentasi saya langsung tawarkan program pengembangan dari apa yang telah dilakukan sebelumnya agar menjadi lebih terstruktur dan terorganisir dalam program¬†” SMALA’s Reading Challenge 2014″ .¬†Semua sepakat.

 

Berikut ini draft program¬†” SMALA’s Reading Challenge 2014″

 

  1.  Tantangannya adalah membaca 12 buku sastra dalam jangka waktu yang ditentukan dan berlaku untuk guru dan siswa (buku sastra untuk siswa dan buku Pengembangan Profesi bagi guru) .
  2.  Judul buku sastra yang harus dibaca sesuai dengan daftar yang telah disusun bekerjasama dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNAIR dan UNESA dan dapat diperoleh di sekolah.
  3.       SMALA’S READING CHALLENGE 2014 dimulai pada awal Juli 2014 dan diakhiri pada akhir April 2015.
  4.       Siswa yang ingin mengikuti SMALA’S READING CHALLENGE 2014 harus mendaftarkan diri dengan mengisi Lembar Pendaftaran dan ditandatangani oleh siswa dan orang tua.
  5.       Siswa harus memilih 12 judul buku yang akan dibacanya selama mengikuti SMALA’S READING CHALLENGE 2014 berdasarkan daftar yang telah disusun.
  6.  Formulir Pendaftaran untuk mengikuti  SMALA’S READING CHALLENGE 2014 harus sudah masuk paling lambat pada tanggal tertentu.
  7.  Siswa bisa meminjam buku yang dipilihnya untuk dibaca selama program SMALA’S READING CHALLENGE 2014 dari perpustakaan kelas, perpustakaan sekolah, atau pun membeli sendiri di toko buku.
  8.  Siswa bisa membaca buku yang telah dipilihnya di sekolah mau pun di rumah.
  9.  Siswa melaporkan pada KOMITE SMALA’S READING CHALLENGE 2014 yang terdiri atas para guru bahasa dan sastra di SMAN 5 kapan ia mulai membaca dan akan melaporkan kapan ia menyelesaikan membaca buku tersebut.
  10.  KOMITE SMALA’S READING CHALLENGE 2014 akan mencatat daftar nama siswa, judul buku yang dibaca, kapan mulai dan selesai dalam sebuah buku Catatan Membaca Siswa sebagai bahan untuk monev dan bahan untuk penelitian tentang Pengembangan Budaya Bangsa di tingkat nasional
  11. ¬†Siswa yang berhasil menyelesaikan¬†SMALA‚ÄôS READING CHALLENGE 2014¬†akan memperoleh penghargaan berupa sertifikat ‚ÄúSMALA‚ÄôS READING CHALLENGE 2014 AWARD‚ÄĚ yang akan ditandatangani oleh Kepala Perpustakaan Kota Surabaya,¬†¬†dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, dan atau Walikota Surabaya (masih akan diajukan)
Baca juga:  MANFAAT BELAJAR

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN OLEH SISWA

Untuk mengikuti SMALA’S READING CHALLENGE 2014 siswa harus

  1.  Mendaftarkan diri pada KOMITE SMALA’S READING CHALLENGE 2014 dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah tersedia. Formulir tersebut harus ditandatangani oleh orang tua.
  2.  Siswa harus memilih 12 judul buku yang akan dibacanya selama mengikuti SMALA’S READING CHALLENGE 2014 tersebut
  3.  Menuliskan semua detil dari buku yang akan dibaca para formulir Catatan Baca Siswa
  4.  Jika selesai membaca sebuah buku mintalah KOMITE SMALA’S READING CHALLENGE 2014 untuk menandatangani formulir yang telah kamu isi tersebut
  5.  Jika telah selesai membaca 12 buku sesuai dengan daftar yang kamu susun maka serahkan formulir Catatan Baca Siswamu kepada KOMITE SMALA’S READING CHALLENGE 2014 di sekolahmu.

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN OLEH KOMITE SMALA’S READING CHALLENGE 2014

  1. Mendorong setiap siswa di kelasnya untukmengikuti SMALA’S READING CHALLENGE 2014.
  2. Menyediakan Catatan Baca Siswa untuk setiap siswa yang SMALA’S READING CHALLENGE 2014 ini.
  3. Menjelaskan semua aturan dalam mengikuti SMALA’S READING CHALLENGE 2014.
  4. Memverifikasi setiap kali siswa berhasil menyelesaikan sebuah buku dengan menandatangani pada format Catatan Baca Siswa.
  5. Mengumpulkan Catatan Baca Siswa dari siswa yang telah menyelesaikan SMALA’S READING CHALLENGE 2014 dan menyerahkannya pada KOMITE SMALA’S READING CHALLENGE 2014.

Siangnya¬†saya menuju ke Fakutlas Budaya jurusan Sastra Indonesia untuk bertemu dengan kajurnya Bu Dwi Handayani. Tujuan saya adalah untuk berkolaborasi dengan Unair untuk meminta bantuan menyusun daftar buku Sastra yang akan dijadikan sebagai Daftar Wajib Baca siswa. Bu Dwi dengan sigap menyanggupi dan akan segera mengirimkannya pada siswa. Semuanya terjadi hanya dalam sehari dan zaaap….! It goes on the road…!

 

Dan adrenaline saya membuncah sejak pagi karena literasi…!

Baca juga:  SAFARI LITERASI DI LOMBOK

 

Have a good literacy day, guys…!

 

Surabaya, 31 Mei 2014

 

Salam
Satria Dharma
https://satriadharma.com/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *