Rabu, 24 September 2020
Just another WordPress site
DOLLY PARTON, RATU IQRA’ KLAS DUNIA

Sungguh mengejutkan bahwa Dolly Parton, legenda musik country yang sangat populer di zaman old, ternyata adalah seseorang yang sangat peduli pada budaya literasi. Dua puluh tahun yang lalu Ia mendirikan Imagination Library dengan tujuan membangun budaya baca anak-anak balita dengan mengirimkan buku bacaan bagi anak-anak balita ke seluruh negara bagian AS dan bahkan ke luar negeri setiap bulan.

Kemarin Dolly Parton yang masih cantik dan seksi itu mengunjungi The Library of Congress untuk merayakan sejarah pengiriman Buku ke 100 Juta! Program kecil yang ia mulai dua dekade yang lalu ternyata saat ini telah mencapai pengiriman buku yang ke 100 juta, sebuah angka yang tidak terbayangkan oleh siapa pun. Ini adalah sedekah buku yang luar biasa! Bayangkan pahala yang diperoleh dengan sedekah buku sebesar itu. 😮

Selain makanan dan pakaian, kita juga perlu bersedekah buku pada orang-orang membutuhkan. Anak-anak adalah orang yg paling membutuhkan buku utk mereka baca dan nikmati. Buku yg baik dan bergizi akan memenuhi kebutuhan otak dan jiwa mereka akan pengetahuan ttg dunia yg luas, petualangan, empati, imajinasi, dll. Buku akan membuat mereka menjadi manusia yg berilmu dan berpengetahuan, berani dan kreatif, kritis dan cerdas, empatik dan peduli pada sesama, dll.

Buku adalah sedekah yg bisa bertahan seumur hidup anak. Ia tidak akan pernah basi. Satu buku bisa dilahap oleh seratus anak tanpa kehilangan satu huruf pun. Jadi sedekah satu buku pun efeknya bisa berlipat-lipat. Apalagi jika kita bisa bersedekah sampai 100.000.000 buku seperti Dolly Parton ini!

Mengapa justru buku untuk balita? Ini yang harus dipahami oleh setiap orang tua dan guru.
Otak manusia tumbuh dan berkembang sangat cepat pada usia balita dan dikenal dengan istilah Golden Ages. Penelitian membuktikan bahwa membacakan buku dengan nyaring pada balita tidak hanya membentuk kemampuan dan kecintaan membaca anak tapi juga memberi keuntungan dan manfaat kognitif yang panjang. Membacakan buku bagi balita akan membangun pemahaman dan pengetahuan anak dan memperluas cakrawala berpikirnya.
“Jika bisa membaca, meski tidak bisa bersekolah, kita tetap akan bisa belajar dan memahami apa saja yang kita inginkan. Ada buku untuk semua hal yang kita ingin pelajari.” kata Dolly. “Jadi sangatlah penting untuk mendorong anak untuk suka membaca agar mampu membangun mimpi dan rencana kehidupan masa depannya.”

Baca juga:  CADAR OR NOT

Saya sungguh sangat terkesan dan sangat hormat pada apa yang dilakukan oleh Dolly Parton ini. Beliau tidak hanya menghibur orang dengan lagu-lagu countrynya tapi juga membangun bangsanya secara nyata dengan menumbuhkan minat dan kecintaan membaca anak-anak. Apa yang hanya menjadi angan-angan saya ternyata telah dilakukannya dengan sangat serius sejak dua puluh tahun yang lalu. 🙏 Sumbangsihnya pada bangsa dan negara sungguh fenomenal. Dolly Parton adalah RATU IQRA yang tidak tertandingi. 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *