Jumat, 22 Nopember 2019
Just another WordPress site
100+ Nasihat Terbaik

Sudah seminggu lebih saya membaca buku ini dan saya belum juga menyelesaikannya. Lebih tepatnya sebetulnya adalah saya belum mau menyelesaikannya. 😊 Buku ini berisi nasihat dan pengalaman nyata dari orang-orang hebat dan luar biasa. Orang-orang yg telah berhasil melewati masa-masa penting dan krisis dalam hidup mereka. Orang-orang yg kisah hidup dan pencapaiannya sungguh menggetarkan. Begitu bagus dan menariknya sehingga setiap kali saya membaca satu artikel saya harus berhenti utk merenungkannya. Dan setiap artikel di buku ini benar-benar ‘superb’. Saya benar-benar menikmati dan memikirkannya…!

Pagi ini saya membaca tulisan Suze Orman, pakar keuangan pribadi yg diakui secara internasional, yang sebelumnya hanyalah seorang pramusaji di restoran. Ia menuliskan pengalamannya dan memberi nasihat agar kita melakukan hal yg benar dan bukan yg mudah, sebuah nasihat yg mudah diucapkan tapi sungguh sulit melaksanakannya. Sudah menjadi kecenderungan kita utk mempertahankan zona nyaman dan menghindari konflik. Katanya ‘yang berlalu biarlah berlalu’, ‘lupakan masa lalu dan melangkahlah ke depan’ demi untuk mempertahankan ‘harmoni’ dan (sebetulnya) zona nyaman. Tapi Suze Orman mengatakan ‘Lakukan yg Benar, Bukan yg Mudah’ dan karena Suze Orman sdh melaksanakannya maka ia berhak dan patut memberikan nasihat tersebut. ‘Lakukan yang Benar, Bukan yang Mudah’, I wish I could do this all the time…!

Salah satu hal yg tidak pernah saya anjurkan pada siapa pun dalam membaca adalah teknik ‘speed reading’, sebuah teknik utk membaca dengan cepat bagi mereka yg butuh menyerap inti bacaan dengan cepat karena harus membaca banyak buku. Saya justru ingin menganjurkan ‘slow and enjoyful reading’ agar kita bisa menikmati setiap ‘gigitan’ kalimat dan paragraf yg kita baca.

Baca juga:  Nima Arkani-Hamed dan String Theory


Membaca bagi saya adalah sebuah kenikmatan dan saya berharap agar saya dapat menikmati setiap kunyahan kata dan kalimat dari buku yg saya baca. Jika saya dapat menikmati sebuah buku yang dapat memuaskan jiwa dan intelektual saya maka hari itu saya telah menggenggam kebahagiaan. 😊

Surabaya, 29 April 2016

Salam
Satria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *