Senin, 23 Juli 2019
Just another WordPress site
KAPAN TERAKHIR KALI ANDA BERSEDEKAH…?!

Bersedekah buku, maksud saya.

Selain makanan dan pakaian, kita juga perlu bersedekah buku pada orang-orang membutuhkan. Anak-anak adalah orang yg paling membutuhkan buku utk mereka baca dan nikmati. Buku yg baik dan bergizi akan memenuhi kebutuhan otak dan jiwa mereka akan pengetahuan ttg dunia yg luas, petualangan, empati, imajinasi, dll. Buku akan membuat mereka menjadi manusia yg berilmu dan berpengetahuan, berani dan kreatif, kritis dan cerdas, empatik dan peduli pada sesama, dll.

Buku adalah sedekah yg bisa bertahan seumur hidup anak. Ia tidak akan pernah basi. Satu buku bisa dilahap oleh seratus anak tanpa kehilangan satu huruf pun.

Kebetulan saya tadi bertemu dengan beberapa siswi SMP 43 Surabaya di Pameran Buku Obral di Balai Pemuda. Mereka masih mengenali saya dan kemudian menegur saya (anak-anak ini punya ingatan yang mengagumkan). Saya lalu menawari mereka untuk mengambil buku sebagai hadiah dari saya.

“Boleh lebih dari satu, Pak?”

“Satu anak tiga buku,” jawab saya.

“Haaah…! Benar nih, Pak…?!”

Mereka ternganga. Mereka sulit mempercayai keberuntungan mereka bahwa akan bertemu seseorang yang akan membelikan mereka tiga buah buku sekaligus!

“Apakah tidak memberatkan Bapak nantinya,” tanya mereka was-was karena ternyata mereka satu kelompok berenam dan saya menawari mereka masing-masing tiga buah buku

“Jangan kuatir. Saya cukup kaya kalau sekedar membelikan kalian buku-buku obral seperti ini,” jawab saya sambil tertawa. Mereka pun lega.

Mereka anak-anak yang sopan dan peduli pada orang lain. Meski sudah ditawari mereka tidak begitu saja mengambil kesempatan. Mereka kuatir membelikan enam orang anak masing-masing tiga buku akan memberatkan saya. Mereka tidak tahu bahwa membeli buku-buku obral berkardus-kardus dan membagi-bagikannya adalah salah satu kesenangan saya.

Baca juga:  MISTERI GUA HIRA’ DAN TRAGEDI BANGSA KULI

Setelah puas memilih-milih buku dan masing-masing sudah mendapatkan buku yang mereka inginkan mereka pun minta foto bersama saya.
What a nice day for me…! *:) happy

Surabaya, 7 Oktober 2015
Salam

Satria Dharma
https://satriadharma.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *