Selasa, 26 Oktober 2021
Satria Dharma's Weblog
TUGU KHATULISTIWA SULAWESI TENGAH

Ini adalah Tugu Khatulistiwa yang terletak di jalan Trans Sulawesi, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Sebenarnya ini adalah situs cagar budaya yang berada dalam kepengurusan Kemendikbud. Tapi entah mengapa tugu ini tampak tak beraroma cagar budaya sama sekali dan juga tidak seberapa terjaga dan terawat. Bahkan papan namanya tergeletak begitu saja di halaman masjid dekat tugu tersebut. 😔

Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Propinsi Sulawesi Tengah, berada di tepi jalan poros Trans Sulawesi sebelah Utara yang merupakan akses utama transportasi menuju Propinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Berdasarkan informasi tugu ini dibangun pada tahun 1992 sebagai tanda bahwa desa tersebut berada tepat pada garis khatulistiwa. Pembangunan tugu ini dalam rangka kegiatan Latihan Integrasi Taruna Dewasa (LATSITARDA) Nusantara XIII (1991-1992) dan ditandatangani oleh Try Sutrisno. Namun katanya koordinat tugu khatulistiwa ini sebenarnya melenceng sejauh 60 m lebih ke utara dari lokasi garis khatulistiwa yang sebenarnya (berdasarkan datum WGS-84). (Disbupdar Sulteng).

Baca juga:  Jebakan Turis atau Nasionalisme Praktis...?! (Korea Tour Part 2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *