Sabtu, 18 September 2021
Satria Dharma's Weblog
MARI MENABUNG UNTUK KESEHATAN 🙏😊


Menabung sejumlah dana bagi masa depan (dan masa tua) itu perlu. Itu sebabnya semua negara menciptakan sistem persiapan dana pensiun yang bahkan diwajibkan bagi semua instansi/perusahaan/lembaga untuk karyawannya.

Tapi selain menabung dana pensiun kita juga perlu MENABUNG KESEHATAN bagi masa depan dan masa tua kita. Kita perlu memiliki tubuh yang selalu bugar, bukan hanya untuk hari ini tapi juga untuk masa tua. Dengan tubuh yang sehat dan bugar maka masa tua kita akan lebih berbahagia. (Kalau sakit-sakitan gak bisa reunian lho…!) 🙏😁

Untuk menabung kesehatan ini ternyata sangat mudah. Cukup dengan berolahraga BERJALAN KAKI dengan intensitas sedang saja.

Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan level kebahagiaan kita, bahkan mampu meningkatkan produktivitas harian. Itupun jika dilakukan dalam jumlah langkah kaki yang sedang. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa jumlah langkah tertentu yang Anda tempuh selama berjalan dapat berdampak pada produktivitas tertentu pula.

Apa manfaat yang bisa kita peroleh ketika berjalan kaki dengan jumlah langkah tertentu berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah dari para ahli:

4.400 – 10.000 LANGKAH

Target 10.000 langkah per hari mungkin telah menjadi kebiasaan rutin bagi ahli kebugaran, akan tetapi berjalan sebanyak 4.400 langkah saja sudah membawa manfaat bagi yang belum mampu mencapai angka 10.000 langkah (Saya sendiri masih terus berusaha untuk mencapai angka 10.000 langkah ini setiap hari. I’m quite ambitious on it). 😎

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan berjalan kaki sebanyak 4.400 langkah dalam sehari dapat mengurangi angka kematian hingga 41 persen dibandingkan mereka yang hanya berjalan kaki sebanyak 2.700 langkah dalam sehari.

Baca juga:  MENGAJAR KEWIRAUSAHAAN ATAU MENCETAK WIRAUSAHAWAN...?! (Part 4)

Meski angka 10.000 langkah tersebut tidak berlaku bagi setiap orang bahkan ada yang menganggapnya terlalu berat, akan tetapi Anda dapat menjadikan target tersebut untuk rajin berolahraga khususnya berjalan kaki demi kesehatan tubuh Anda.

Untuk Pemula, Para Ahli Menyarankan Jumlah Langkah Kaki yang Jauh Lebih Rendah. Bahkan ada penelitian lain yang menyatakan tidak ada gunanya menargetkan 10.000 langkah sehari untuk tetap sehat – berjalan cepat 10 menit sama baiknya, menurut saran resmi baru (tapi saya tetap termotivasi untuk mencapai 10.000 langkah sehari). 🙏😁
Public Health England (PHE) dan Royal College of GPs mengatakan fokus pada waktu, daripada jarak atau kuantitas langkah, dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 15%.
Secara medis, kebiasaan berolahraga berjalan ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mental serta menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.
Berikut adalah sejumlah manfaat jalan kaki bagi kesehatan:
– Menenangkan pikiran dan mencegah depresi
– Berdampak positif pada otak.
– Memperbaiki penglihatan.
– Menambah volume paru-paru.
– Memperkuat otot, sendi, dan tulang.
– Efek positif bagi pankreas.
– Mencegah diabetes.
– Menurunkan risiko terkena stroke.
– Mencegah Arthritis dan Osteoporosis, dll.

Baru-baru ini, salah satu studi yang disampaikan pada European Congress of Endocrinology mengungkapkan bahwa berjalan lebih efektif untuk meningkatan kesehatan tulang. Dalam jangka panjang, berjalan dinilai lebih efektif meningkatkan kesehatan tulang dibanding kegiatan yang tidak menahan beban seperti bersepeda.

“Setiap hari, pria dan wanita perlu latihan moderat untuk menjaga kesehatan. Namun, temuan kami menunjukkan bahwa mereka yang memiliki risiko tulang lemah, lebih baik berjalan saja daripada berenang atau bersepeda,” ujar Dr Giovanni Lombardi, penulis utama studi ini.

Baca juga:  Apakah Penelitian itu Bermanfaat bagi Dunia Pendidikan Kita?

Jadi tunggu apalagi…?! 🙏😁

Justru saat pandemi inilah kita perlu mulai melakukan olahraga MURAH, MUDAH, BERMANFAAT TINGGI ini. Anda tidak perlu beli sepeda dengan harga mahal untuk sehat dan bugar. 😁

NB: Gunakan aplikasi PEDOMETER di HP Anda jika ingin menghitung langkah kaki Anda selama berolahraga jalan kaki ini. Install saja dari fasilitas HP Anda. 🙏

Surabaya, 27 Maret 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *